Harga Kedelai Naik Pada Awal Minggu, Cuaca Kering di Argentina

464

(Vibiznews – Commodity) – Harga kedelai masih naik pada penutupan pasar hari Senin, karena cuaca kering sedang terjadi di Argentina, negara eksportir soymeal terbesar di dunia, sementara permintaan kedelai masih tinggi.

Harga kedelai Januari di CBOT naik 7 sen (0.54%) menjadi $12.9225 per bushel, harga soymeal Januari naik $6.7 (1.77%) menjadi $386.2 per ton dan harga minyak kedelai turun 94 sen (1.74%) menjadi $52.94.

Harga kedelai naik 2% pada tiga hari terakhir karena menguatnya harga minyak kedelai dan akibat panas dan keringnya Amerika Selatan sehingga hasil tanaman kedelai akan turun

Harga soymeal naik 11% pada hari Jumat setelah naik ke harga tertinggi lima bulan pada hari Rabu, sedangkan harga minyak kedelai turun ke harga terendah 8 bulan hari yang sama. Harga minyak kedelai naik 3% dalam kenaikan 3 hari terakhir namun harga minyak kedelai di bulan ini turun 2.2 % dan harga soymeal naik 0.7%

Laporan FAS pengiriman ekspor mingguan sebesar 1.679 MMT kedelai yang diekspor pada minggu ini sampai 16 Desember, turun 67k MT dari minggu lalu dan turun 41% dari tahun lalu pada minggu yang sama. Cina negara tujuan terbesar 56% dari mingguan. Total ekspor sampai 16 Desember 27.15 MMT dibanding 35.18 MMT pada tahun lalu.

Permintaan kedelai Cina meningkat membuat pasar bergerak Cina mengimpor 8.57 MMT kedelai selama bulan Nopember dengan perician 3.63 MMT dari AS dan 3.75 dari Brazil.

Harga kedelai mengalami tekanan dengan turunnya harga minyak kedelai yang sangat dipengaruhi oleh turunnya harga minyak mentah turun 4% ke harga terendah 2 minggu, mengurangi permintaan akan etanol.

Kekhawatiran akan terjadi lockdown akibat penyebaran virus covid varian omicron menyebabkan perjalanan berkurang sehingga permintaan biodiesel akan berkurang

Harga minyak kedelai juga turun karena tekanan bahwa India akan melarang aktivitas di pasar berjangka selama satu tahun, karena komoditas pertanian tidak menentu.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $12.76 dan berikut ke $12.37 sedangkan resistant pertama di $13.04 dan berikut ke $13.17

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here