Akan Ada Berapa Perusahaan Startup Skala Unicorn dan Centaur yang Akan IPO di BEI?

718

(Vibiznews – IDX Stocks) – BEI (Bursa Efek Indonesia) menyebut ada 15 perusahaan startup dengan skala unicorn dan centaur yang akan melaksanakan IPO (Initial Public Offering) di pasar saham Indonesia. Hal ini diungkap setelah BEI melakukan pembicaraan one-on-one dengan 20 startup.

Tidak disebutkan startup apa saja, dan kapan ke-15 perusahaan tersebut akan melangsungkan aksi IPO. Namun, BEI menekankan bahwa para startup sudah melakukan kelas IPO dan pembicaraan dengan pihak stakeholder untuk kerja sama.

Menyambut maraknya aksi IPO di kalangan startup, BEI sudah melakukan upaya untuk mempermudah prosesnya. Salah satunya dengan mengatur kembali persyaratan pencatatan pada papan utama dan papan pengembangan.

Perubahan persyaratan ini dimaksudkan untuk memperjelas identifikasi tiap kelas. Hal inilah yang membuka kesempatan untuk perusahaaan teknologi yang memiliki kategori new economy agar bisa mencatatkan perusahaan di pasar modal.

Saat ini, IPO memang menjadi salah satu hal yang “hype” dilakukan startup atau perusahaan berbasis teknologi. Ada BUKA milik Bukalapak yang sudah melakukaan IPO pada 6 Agustus 2021. Selain itu, berdasarkan laporan berbagai media, Gojek dan Tokopedia (GOTO) juga dikabarkan akan segera melangsungkan IPO.

Ketertarikan startup untuk IPO ini juga didorong oleh kebijakan MVS (Multiple Voting Shares) yang dibuat oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kebijakan ini mebuka peluang bagi founders dan manajemen startup untuk tetap memiliki kendali terhadap perusahaan walaupun mempunyai kepemilikan minoritas setelah IPO.

Selasti Panjaitan/Vibiznews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here