Harga Gandum Naik Ke Harga Tertinggi 14 tahun

687

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum naik di AS maupun di Uni Eropa dan di CBOT mencapai harga tertinggi 14 tahun setelah Invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan pelabuhan di laut Hitam tertutup, membuat kekhawatiran akan persediaan gandum dunia.

Harga gandum Mei di CBOT naik 50 sen (5.35%) menjadi $9.84 per bushel.

Harga gandum Mei di Euronext naik 6.7% menjadi 336.75 euro ($376.28) per ton. Harga gandum Maret yang akan jatuh tempo pada minggu depan mencapai rekor harga tertinggi baru di Euronext di 347.50 euros.

Harga gandum mengalami dampak langsung dari invasi Rusia ke Ukraina karena Rusia  dan Ukraina adalah produsen dan eksportir 30 % dari gandum dunia, dengan adanya pertikaian ini maka baik distribusi dan persediaan gandum dunia menjadi berkurang, ditambah dengan ditutupnya pelabuhan  di Laut Hitam, distribusi gandum menjadi tidak berjalan.

Pelabuhan di Ukraina ditutup dan akan tetap ditutup sampai invasi selesai, pelabuhan Mariupol, yang berada di Azov Sea rusak kena artereleri Rusia. Dengan tutupnya pelabuhan ini maka banyak biji-bijian yang belum dikirim sehingga mempengaruhi harga gandum global, karena ketersediaannya, sehingga harga gandum mencapai harga resistant karena pelabuhan ini tidak ada kepastian untuk dibuka kembali.

Harga gandum Mei di KC mencapai harga tertinggi 10 tahun juga di Paris ditutup dengan rekor tertinggi baru.

Laporan pengiriman ekspor mingguan dari USDA sebesar 406,138 MT gandum dikirim sampai 24 Februari, turun dari 570,859MT pada minggu lalu tetapi naik naik 63k MT dari tahun lalu pada minggu yang sama.

Total ekspor pada tahun marketing ini sebesar 1.585 MMT (569 mbu atau 70% dari perkiraan total ekspor. Total pengiriman ekspor pada tahun ini sebesar 2.66 MMT (97.7 mbu) turun 182 mbu dari perkiraan.

GASC Mesir membatalkan tender impor gandum karena 3 penawaran dari Perancis dan AS terlalu mahal bagi Mesir

Abares meningkatkan perkiraan hasil panen Australia di 2021/22 sebesar 5% menjadi 36.3 MMT. Peningkatan hasil panen karena curah hujan di November yang dikhawatirkan mengurangi kualitas ternyata tidak terjadi seperti itu. Perkiraan Abares lebih besar dari perkiraan USDA 34 MMT. IKON perusahaan swasta memperkirakan hasil panen 39 MMT

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $885 dan berikut ke $8.60 sedangkan resistant pertama di $9.85 kemudian ke $9.95.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting