Harga Kopi Arabika dan Gula Naik, Harga kopi Robusta dan Kakao Turun Pada Penutupan Pasar Hari Senin

412
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari  Senin 6 Juni   2022,      Harga Soft Commodities   mixed, Harga kopi Arabika     naik , cuaca kering di Brazil, harga kopi Robusta turun ekspor Vietnam meningkat, harga gula  naik, mengikuti kenaikan dari harga bensin,   harga kakao mixed, harga kakao di New York naik karena harga pupuk mahal petani mengurangi pemakaian pupuk. 

Inilah penutupan pasar pada hari Senin untuk soft commodities : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Juli di ICE New York naik $5.15 (2.22%) menjadi $237.55 dan harga kopi Robusta Juli di ICE London turun 0.14%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Senin mixed dengan harga kopi Robusta turun setelah libur panjang di London. Harga kopi Arabika masih naik karena cuaca kering, Laporan dari Somar Meteorologia pada hari Senin curah hujan di Minas Gerais, Brazil hanya 9.45 mm atau 44% dari rata-rata. Harga kopi Robusta turun karena ekspor Vietnam dari Januari – Mei naik 24.2% menjadi 889,000 MT. 

 Gula 

Harga gula Juli di ICE New York naik 27 sen (1.40%) menjadi $19.56 dan harga gula Agustus di ICE London naik (2.75%)  

Harga gula pada penutupan pasar hari Senin naik dengan harga gula di London naik ke harga tertinggi 5 ½ bulan mengikuti kenaikan harga bensin pada hari Senin. Kenaikan harga bensin membuat harga etanol naik dan pabrik penggilingan tebu lebih banyak membuat etanol dibanding gula sehingga persediaan gula berkurang dan  harga gula di Brazil naik.  

 Kakao 

Harga kakao Juli di ICE New York naik $19 (0.77%) menjadi $2,488 per ton dan harga kakao Juli di ICE London turun 1.07%. 

Harga kakao mixed pada penutupan pasar hari Senin, dengan harga Kakao di London turun setelah dibuka dari libur panjang. Harga kakao sempat naik ke harga tertinggi 1 bulan karena mahalnya harga pupuk membuat petani mengurangi penggunaan pupuk sehingga kualitas produksi tanaman kakao berkurang. 

 Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting