Harga Kopi, Gula dan Kakao Semua Turun Pada Penutupan Pasar Hari Selasa

206
kopi, kakao, gula

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari  Selasa 7 Juni   2022,      Harga Soft Commodities   semua turun, Harga kopi Arabika   turun, kurs real Brazil melemah ke kurs terendah 2 minggu, harga kopi Robusta turun ekspor Vietnam meningkat, harga gula  turun mengikuti turunnya  harga minyak mentah dan melemahnya kurs Real Brazil,   harga kakao turun persediaan kakao di ICE naik ke jumlah tertinggi 8 ¼ bulan 

Inilah penutupan pasar pada hari Selasa untuk soft commodities : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Juli di ICE New York turun $5.40 (2.247%) menjadi $232.15 dan harga kopi Robusta Juli di ICE London turun 1.13%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Selasa turun dengan harga kopi Arabika turun karena real Brazil melemah ke kurs terendah 2 minggu terhadap dolar, sedangkan harga kopi Robusta juga turun karena melimpahnya persediaan setelah Vietnam’s General Statistics Office melaporkan bahwa  ekspor Vietnam dibulan Mei naik 9.3% dari tahun lalu menjadi 142,329 MT dan  dari Januari – Mei naik 23.2% dari tahun lalu menjadi 881,565 MT. 

Gula 

Harga gula Juli di ICE New York turun 59 sen (3.02%) menjadi $18.97 dan harga gula Agustus di ICE London turun 5.15%. 

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu turun tajam dengan harga gula di New York turun ke harga terendah 3 minggu dan di London ke harga terendah 1 ½ minggu. Harga gula turun karena mengikuti turunnya harga minyak mentah dan melemahnya real Brazil sehingga terjadi likuidasi di pasar berjangka.
 

Kakao 

Harga kakao Juli di ICE New York turun $13 (0.52%) menjadi $2,475 per ton dan harga kakao Juli di ICE London turun 0.40%. 

Harga kakao turun pada penutupan pasar hari Selasa karena persediaan kakao di ICE naik ke jumlah tertinggi 8 ¼ bulan menjadi 5,476 juta kantong pada hari Selasa. 

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting