Harga Gandum Turun Ke Harga Terendah 3 Bulan

364
gandum

(Vibiznews – Commodities) – Harga gandum turun pada penutupan pasar hari Kamis ke harga terendah sejak 1 Maret, para investor di pasar komoditas mengalami khawatiran akan penurunan pertumbuhan ekonomi yang akan mengurangi permintaan, pertumbuhan tanaman yang membaik dan juga beralih dari gangguan perang ke ekspor dari Laut Hitam.
Harga gandum September di CBOT turun 39.50 sen (3.99%) menjadi $9.4925 per bushel.
Sementara menanti Laporan Penjualan Ekspor Mingguan yang ditunda menjadi hari Jumat dengan range perkiraan antara 150k – 400k MT penjualan dari gandum baru sampai 16 Juni.

Perkiraan produksi dari IGC turun 11 MMT dari bulan Mei menjadi 769 MMT, turun 12 MMT dari tahun lalu terendah sejak 2019/20. Perkiraan persediaan global 2022/23 sebesar 271 MMT turun dibanding tahun lalu 282 MMT

Panen gandum musim dingin di AS sudah selesai di panen 25% dan penanaman gandum musim semi sudah selesai ditanam 98% dan 89% sudah bertumbuh setelah tertunda karena cuaca lembab di North Dakota, baru ditanam.

Harga gandum September di Euronext Paris turun 3.1% menjadi 359 Euro per ton, harga sebelumnya sempat turun ke 352 euro per ton terendah sejak 29 Maret.

Penurunan harga gandum besar di Chicago sehingga pasar Eropa mengikutinya akibat dari kenaikan suku bunga yang diperkirakan akan membuat resesi dan membuat terganggunya permintaan. Dari sisi makro memiliki pengaruh terutama di pasar AS. Awal panen gandum di AS dan Perancis setelah badai panas membuat tekanan terhadap persediaan.

Di Perancis pada awal panen hasilnya diperkirakan buruk tetapi di pertanian sebelah Selatan kualitasnya baikdan ada harapan bahwa hasil panen akan meningkat jauh dari Utara karena dampak dari kekeringan dan badai.

Harga gandum di pasar fisik di pelabuhan Perancis bagus, sebagian mengimbangi turunnya harga di Euronext karena permintaan ekspor masih stabil. Pedagang tetap berhati-hati untuk kesepakatan diplomatik yang dilakukan dengan membuka koridor di Laut Hitam untuk mengekspor biji-bijian dari Ukraina, setelah rudal Rusia merusak gudang biji-bijian di pelabuhan selatan Ukraina, Mykolaiv.

Jepang membuat MOA untuk pesanan gandum sebesar 168,330 MT dari AS, Canada dan Australia. Pakistan mencari 500k MT milling wheat.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $9.43 dan berikut ke $8.51 sedangkan resistant pertama di $10.27 kemudian ke $10.85.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting