Harga Minyak Dunia 28 Juni di Eropa Tertinggi Sepekan Lebih

272

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah dunia semakin kuat di pasar komoditas sesi Eropa hari Selasa (28/6/2022) dan berada di area resisten harian secara teknikal.  Terpantau kedua benchmark harga minyak dunia baik WTI dan juga Brent mendaki ke posisi tertinggi sepekan lebih.

Harga minyak terangkat oleh  laporan bahwa UEA dan Arab Saudi berproduksi mendekati kapasitas, sementara kerusuhan politik di Libya dan Ekuador mengancam akan memperketat pasokan lebih lanjut. Menteri Energi UEA Suhail al-Mazrouei mengatakan Senin bahwa negara itu memproduksi mendekati kapasitas maksimum berdasarkan kuota 3,168 juta barel per hari berdasarkan perjanjian dengan OPEC+.

Pernyataan ini dikonfirmasi oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron yang mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa UEA dan Arab Saudi, yang sebelumnya dianggap sebagai satu-satunya dua negara di OPEC dengan kapasitas cadangan, hampir tidak dapat meningkatkan produksi minyak.

Sementara itu, National Oil Corp Libya diberitakan akan mendeklarasikan force majuere di daerah Teluk Sirte kecuali terminal minyak di sana kembali beroperasi, sementara Kementerian Energi Ekuador mengatakan negara itu dapat menangguhkan produksi minyak sepenuhnya di tengah protes anti-pemerintah.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak berjangka bulan Juli 2022 menguat  1,41% ke posisi US$111.11 per barel setelah dibuka pada posisi US$110.18. Sedangkan untuk minyak acuan dunia atau jenis Brent menguat  1,33%  ke posisi US$116.67 per barel.  Untuk pergerakan selanjutnya akan terus menguat.