Harga Tembaga Naik Sedikit Melemahnya USD

432
tembaga

(Vibiznews – Commodity)  – Harga tembaga naik sedikit hampir tidak berubah pada penutupan  pasar hari Senin setelah berkurangnya pembatasan akibat Covid 19 di Cina dan melemahnya indeks dolar tetapi kekhawatiran akan resesi global, kenaikan harga dan meningkatnya suku bunga membuat permintaan akan logam industri berkurang.   

Harga tembaga di London Metal Exchange naik 0.3% menjadi $8,404 per ton. Bagi investor  harga logam menjadi petunjuk bagi sehatnya perekonomian, harga tembaga sempat turun ke $8,122.50 per ton pada hari Jumat ke harga terendah sejak Februari 2021.  

Harga tembaga kembali naik setelah berita bahwa pembatasan  karena penularan virus covid-19 akan dilepas, tetapi waktunya belum jelas. Kenaikan harga terhambat karena kekhawatiran akan terjadi  resesi global .   

Beijing melaporkan bahwa penularan baru dari covid sudah tidak ada dikota itu setelah 2 bulan, sehingga Beijing sudah bebas sekolah-sekolah sudah berlangsung offline.   

Inflasi yang tinggi menyebabkan naiknya suku bunga dan diperkirakan suku bunga akan naik lagi menyebabkan pertumbuhan ekonomi terganggu dan juga permintaan berkurang akibatnya pasar modal melemah demikian   juga harga komoditas turun beberapa minggu terakhir.  

Harga tembaga tertekan karena LME melaporkan ada kenaikan persediaan 11,825 ton menjadi 124,850 ton di gudang LME.  

Indeks dolar melemah sehingga menyebabkan harga komoditas yang dinilai dalam dolar menjadi lebih murah apabila dibeli dengan mata uang di luar dolar. Dolar turun pada saat pembukaan pasar AS.  

Logam Industri lainnya: 

Zinc :  Persediaan Zinc di gudang LME naik 3,175 ton sejak Senin Lalu menjadi  81,725 ton, sehingga menurunkan harga.  

Harga zinc berjangka di LME turun  0.29% menjadi $3,342 per ton,  zinc dipakai  untuk membuat stainless steel.   

Berkurangnya kekhawatiran tentan persediaan logam industri di pasar  LME selisih harga tunai dan harga kontrak tiga bulan dari Zinc turun menjadi $66 per ton dari selisih diatas $200 per ton pada hari sebelumnya.   

Tetapi ketersediaan zinc di pasar  LME masih menjadi masalah bagaimana membatalkan  surat pengiriman logam sebab 78% dari logam tersebut jatuh tempo sehingga harus dikeluarkan dari gudang LME.   

Harga logam industri lain:  

  • Harga Aluminium naik 1.9% menjadi $2,502 per ton  
  • Harga Lead naik 4.2% menjadi $1,996   
  • Harga timah naik 10.3% menjadi $27,125    
  • harga nikel naik 2.2% menjadi $22,900   

Analisa tehnikal untuk Tembaga dengan support pertama di $8,365  berikut ke $8,316  sedangkan resistant pertama di $8,403 Dan berikut ke $8,453.  

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting