PT ChemStar Indonesia Tbk Mengalami Oversubscribe Hingga 46,6 Kali Pada Saat IPO

438

(Vibiznews – IDX) – PT ChemStar Indonesia Tbk  perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perdagangan bahan kimia spesialisasi untuk industri tekstil melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Jumat (8/7/2022) dengan kode saham CHEM. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 24 di tahun 2022 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak 500 juta saham baru, setara dengan 29,41 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO, dengan harga Rp25 per lembar sahamnya. Pada saat IPO saham CHEM mnegalami oversubscribe hingga 46,6X dari porsi pooling.

Direktur Utama PT ChemStar Indonesia Tbk, Kwee Sutrimo, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebesar Rp75 miliar. Dana hasil IPO akan digunakan untuk pembelian tanah dan bangunan serta modal kerja Perseroan.

Sebagai pemanis, Perseroan menerbitkan sebanyak 250 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 20,83% dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan dengan perbandingan 2 (dua) saham baru mendapatkan 1 (satu) waran seri I (rasio waran 2:1).

Mengenal bisnis perseroan, PT ChemStar Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perdagangan bahan kimia spesialisasi untuk industri tekstil. Perseroan menjadi langganan produsen brand global ternama seperti Adidas, Nike, Uniqlo hingga Mark and Spencer. Adapun CHEM juga menjadi distributor kepada pemasok Global, perusahaan kimia terkemuka yang telah eksis selama lebih 150 tahun di industri tekstil seperti perusahaan multinasional, Tanatex Chemicals Holland dan Transfar International China.