Bursa Eropa Juli Mencatat Kenaikan Terbaik Bulanan Sejak November 2020

632
euro

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menutup bulan lebih tinggi pada hari Jumat karena investor mencerna laporan pendapatan perusahaan dan data ekonomi utama dari zona Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,3%, dengan saham minyak dan gas naik 2,9% untuk memimpin kenaikan karena hampir semua sektor berakhir di wilayah positif, selain dari perawatan kesehatan, yang tergelincir 0,4%.

Indeks FTSE berakhir naik 1%. Indeks DAX ditutup menguat 1,5%. Indeks CAC berakhir kuat 1,7%.

Indeks Stoxx 600 Eropa telah naik 6,3% pada Juli, mencatat bulan terbaiknya sejak November 2020.

Pertumbuhan ekonomi di zona Eropa dipercepat pada kuartal kedua, angka resmi menunjukkan Jumat, meskipun krisis gas meningkat dan inflasi rekor tinggi.

Blok 19 negara anggota ini membukukan kenaikan 0,7% dalam PDB, melebihi ekspektasi untuk pertumbuhan 0,2%.

Pendapatan perusahaan terus mendorong pergerakan harga saham individu di Eropa. Standard Chartered, Santander, Renault, Air France-KLM, BNP Paribas, AstraZeneca, Engie dan Swiss Re termasuk di antara pemain utama yang melaporkan sebelum bel pada hari Jumat.

Di puncak Stoxx 600, perusahaan investasi yang berbasis di Spanyol, Allfunds Group, naik 17% setelah laporan pendapatan semester pertama.

Di bagian bawah indeks, perusahaan pencahayaan Belanda Signify merosot hampir 12% setelah hasil kuartalannya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Eropa akan mencermati data Manufacturing PMI negara-negara Eropa dan zona Eropa sendiri, yang jika terealisir menurun, akan dapat menekan bursa Eropa.