Harga Minyak Naik Bertahan Dekat Level Tertinggi 3 Minggu

290
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak bertahan di dekat level tertinggi tiga minggu pada hari Kamis setelah OPEC+ setuju untuk memperketat pasokan minyak mentah global dengan kesepakatan untuk memangkas target produksi sebesar 2 juta barel per hari (bph), pengurangan terbesar sejak 2020.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 62 sen, atau 0,7%, menjadi $88,38 setelah ditutup naik 1,4% pada hari Rabu.

Minyak mentah berjangka Brent naik 75 sen, atau 0,8%, menjadi $94,12 per barel setelah naik 1,7% di sesi sebelumnya.

Perjanjian antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu termasuk Rusia, kelompok yang dikenal secara kolektif sebagai OPEC+, muncul menjelang embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan akan menekan pasokan di pasar yang sudah ketat, menambah inflasi.

Menteri Energi Saudi Abdulaziz bin Salman mengatakan pengurangan pasokan sebenarnya akan menjadi sekitar 1 juta hingga 1,1 juta barel per hari. Bagian pemotongan Arab Saudi adalah sekitar 0,5 juta barel per hari.

Beberapa anggota OPEC+ telah berjuang untuk berproduksi pada tingkat kuota karena kurangnya investasi dan sanksi.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengkritik kesepakatan itu sebagai “berpandangan sempit” dan Gedung Putih mengatakan Biden akan terus menilai apakah akan merilis pasokan minyak strategis lebih lanjut untuk menurunkan harga.

Gedung Putih mengatakan akan berkonsultasi dengan Kongres mengenai jalur tambahan untuk mengurangi kontrol OPEC dan sekutunya atas harga energi dalam referensi nyata untuk undang-undang yang dapat mengekspos anggota kelompok untuk tuntutan hukum antimonopoli.

Secara terpisah pada hari Rabu, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan Rusia dapat memangkas produksi minyak dalam upaya untuk mengimbangi efek dari pembatasan harga yang diberlakukan oleh Barat atas tindakan Moskow di Ukraina.

Penurunan pasokan minyak AS pekan lalu juga mendukung harga. Persediaan minyak mentah turun 1,4 juta barel menjadi 429,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 30 September, kata Administrasi Informasi Energi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak dapat bergerak naik dengan pemotongan produksi OPEC+ dan penurunan pasokan minyak mentah mingguan AS. Juga jika data Non Farm Payrolls AS terealisir turun, akan dapat menekan harga minyak yang memicu kekhawatiran penurunan permintaan.