PT Global Digital Niaga Tbk (blibli) Oversubscription 4,4 Kali Pada Saat IPO

507

(Vibiznews – IDX) PT Global Digital Niaga Tbk (blibli) Perusahaan yang bergerak di bidang E-commerce melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Selasa (8/11/2022) dengan kode saham BELI. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 47 di tahun 2022 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak 4.058.850.000 lembar saham baru atau setara dengan 15% dari Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh Perseroan setelah IPO dengan nilai nominal Rp 450 per sahamnya.

Antusiasme investor berhasil mencatatkan tingkat kelebihan permintaan (oversubscription) yang mencapai 4,4 kali lipat pada Penjatahan Terpusat (pooling portion), sehingga menyebabkan peningkatan jumlah alokasi Penjatahan Terpusat dari 2,5% menjadi 5,0% dari keseluruhan Jumlah Penawaran.

CEO dan Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebanyak  Rp8 triliun. Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini akan digunakan untuk pelunasan utang serta untuk modal kerja.

Mengenal bisnis perseroan, PT Global Digital Niaga Tbk merupakan pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel terdepan di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi melalui konektivitas digital. Blibli mengintegrasikan pengalaman online dan offline melalui layanan e-commerce dan toko fisik untuk beberapa mitra merek terkemuka. Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 27.000 toko yang melayani fitur Blibli InStore dan Click&Collect, serta didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman langsung lewat layanan Blibli Express Services (BES), dan berbagai mitra logistik pihak ketiga.