Inflasi AS Bulan Oktober Turun; Akankah Membuat The Fed Memperlambat Kenaikan Suku Bunga?

532

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi AS bulan Oktober terealisir menurun dibandingkan bulan sebelumnya, dan masih di bawah perkiraan.

Indeks harga konsumen, ukuran berbasis luas dari biaya barang dan jasa mencapai 0,4% untuk bulan ini, masih dibawah perkiraan 0,6%. Sedangkan secara tahunan inflasi mencapai 7,7% dari tahun lalu, masih di bawah perkiraan 7,9%.

Tidak termasuk biaya makanan dan energi yang mudah menguap, yang disebut CPI inti meningkat 0,3% untuk bulan ini dan 6,3% secara tahunan, dibandingkan dengan perkiraan masing-masing sebesar 0,5% dan 6,5%.

Penurunan 2,4% pada harga kendaraan bekas membantu menurunkan angka inflasi. Harga pakaian turun 0,7% dan layanan perawatan medis turun 0,6%.

Pasar bereaksi tajam terhadap laporan tersebut, dengan kontrak berjangka terkait dengan Dow Jones Industrial Average naik lebih dari 800 poin. Imbal hasil Treasury turun tajam, dengan catatan dua tahun yang sensitif terhadap kebijakan jatuh 0,22 poin persentase menjadi 4,41%.

Komentar “Powell pivot” mengacu pada ekspektasi pasar bahwa Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan rekan-rekan bank sentralnya akan segera memperlambat atau menghentikan laju agresif kenaikan suku bunga yang telah mereka terapkan untuk mencoba menurunkan inflasi.

Bahkan dengan perlambatan tingkat inflasi, masih tetap jauh di atas target 2% Fed, dan beberapa bidang laporan menunjukkan bahwa biaya hidup tetap tinggi.