Membangun Optimisme CEO di Pasar Modal Indonesia dalam Menghadapi Dinamika Global melalui CEO Networking 2022

251

(Vibiznews – IDX) Dalam rangka 45 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan acara CEO Networking 2022 yang bertemakan “Strengthening Economic Growth in Dynamic Conditions” pada Kamis (24/11). Acara ini diselenggarakan secara hybrid di Bali Room Hotel Indonesia Kempinksi Jakarta dan turut disiarkan melalui Zoom, dengan mengundang perwakilan dari stakeholders di pasar modal Indonesia.

Pandemi COVID-19 selama lebih dari 2 tahun terakhir telah menyebabkan dampak negatif yang signifikan terhadap hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat secara global, termasuk dalam aspek perekonomian. Ketegangan geopolitik dunia saat ini, khususnya perang antara Rusia dan Ukraina juga mempengaruhi perekonomian global.

Ketidakpastian ekonomi global yang sedang terjadi diperkirakan memberikan dampak secara tidak langsung kepada Indonesia. Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 3,2% pada tahun 2023, sementara pertumbuhan ekonomi global akan terus melambat pada tahun mendatang1. Guna mendukung ketahanan kondisi perekonomian Indonesia, diperlukan sinergi serta strategi yang didukung oleh kebijakan moneter dan fiskal secara berkesinambungan. Hal ini diperlukan agar seluruh pihak dapat melangkah bersama mengembalikan kondisi perekonomian yang kondusif.

CEO Networking 2022 menghadirkan para pembicara yang dapat memberikan insight serta pemaparan informasi terkini kepada CEO dari stakeholders di pasar modal Indonesia, seperti perusahaan tercatat, anggota bursa, perusahaan binaan IDX Incubator, bank kustodian, manajer investasi, selling agent serta perwakilan asosiasi, investor institusi, kalangan akademisi, dan lainnya.

CEO Networking 2022 dibuka dengan welcoming speech oleh Direktur Utama BEI Iman Rachman. Selanjutnya, Ketua OJK Mahendra Siregar menyampaikan keynote speech sekaligus membuka acara CEO Networking 2022 secara resmi. Sesi pemaparan materi menghadirkan Lead Economist of World Bank Indonesia and Timor Leste Habib Rab dengan tema “Global & Indonesia Market Outlook for 2023”, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini dengan tema ”Strategy to Embrace Challenges and Opportunities Amid the Global Uncertainty Conditions”, serta Chairman and Chief Executive of Pacific Century Group Richard Li dengan tema “Global and Indonesia Investment Outlook in 2023”. Pemaparan materi dalam acara ini dipandu oleh Timothy Marbun selaku moderator.