Harga Minyak Tahun 2022 Raih Kenaikan Tahunan Kedua Berturut-turut

326
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak naik pada hari Jumat dan berada di jalur untuk kenaikan tahunan kedua berturut-turut di tahun yang bergejolak yang ditandai dengan ketatnya pasokan karena perang Ukraina dan melemahnya permintaan dari importir minyak mentah utama dunia China.

Minyak mentah melonjak pada Maret dengan patokan global Brent mencapai $139,13 per barel, tertinggi sejak 2008, setelah invasi Rusia ke Ukraina memicu kekhawatiran pasokan. Harga mendingin dengan cepat pada paruh kedua tahun 2022 di tengah kekhawatiran tentang resesi global.

Pada hari Jumat, minyak mentah berjangka Brent naik 5 sen menjadi $83,51 per barel pada 1105 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 12 sen, atau 0,2%, menjadi $78,28.

Untuk tahun ini, minyak mentah Brent tampaknya akan naik lebih dari 7%, setelah melonjak 50% pada 2021.

Minyak mentah AS berada di jalur yang tepat untuk naik 4,1% pada 2022, menyusul kenaikan tahun lalu sebesar 55%.

Kedua tolok ukur tersebut turun pada tahun 2020 karena pandemi melanda permintaan.

Sementara peningkatan perjalanan liburan akhir tahun dan larangan Rusia atas penjualan minyak mentah dan produk minyak mendukung, keterbatasan pasokan akan diimbangi dengan penurunan konsumsi karena lingkungan ekonomi yang memburuk tahun depan.

Penurunan minyak pada paruh kedua tahun 2022 terjadi karena bank sentral menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi, mendorong dolar AS. Itu membuat komoditas berdenominasi dolar menjadi investasi yang lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Juga, pembatasan nol-COVID di China, yang baru dilonggarkan bulan ini, menghancurkan harapan pemulihan permintaan. Konsumen nomor 2 dunia pada tahun 2022 mencatat penurunan permintaan minyak pertamanya selama bertahun-tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal tahun baru, harga minyak akan mencermati sentimen kenaikan suku bunga global, khususnya AS, yang jika memunculkan sinyal hawkish akan dapat menekan harga minyak. Sentimen lainnya adalah perkembangan covid China dan seputar larangan penjualan minyak mentah Rusia.