Harga Minyak Selasa Naik Terbantu Penyelamatan Credit Suisse

284
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak naik pada hari Selasa, memperpanjang pemulihan dari level terendah 15 bulan pada hari sebelumnya, karena penyelamatan Credit Suisse meredakan kekhawatiran tentang risiko sektor perbankan global yang dapat menekan pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar.

Setelah penurunan pada awalnya pada hari Senin, suasana di pasar keuangan telah meningkat setelah pengambilalihan Credit Suisse oleh UBS dan setelah bank sentral utama mengatakan mereka akan meningkatkan likuiditas pasar dan mendukung sistem perbankan.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 81 sen, atau 1,20%, diperdagangkan pada $68,45.

Minyak mentah berjangka Brent naik 70 sen, atau 0,95%, menjadi $74,49 per barel.

Fokus berikutnya bagi investor adalah keputusan Federal Reserve AS pada hari Rabu tentang apakah dan seberapa besar menaikkan suku bunga ketika rapat dua hari berakhir.

Sejak perselisihan perbankan dimulai bulan ini, pasar telah merevisi turun ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Fed berikutnya menjadi 25 basis poin dari 50 bps.

Pertemuan para menteri utama dari OPEC+, yang mencakup anggota OPEC plus Rusia dan sekutu lainnya, dijadwalkan pada 3 April. Sumber-sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters bahwa penurunan harga mencerminkan ketakutan perbankan, bukan keseimbangan pasokan dan permintaan yang memburuk.

Yang juga terlihat adalah laporan persediaan minyak AS terbaru, yang menurut survei Reuters akan menunjukkan persediaan minyak mentah dan produk yang lebih rendah. Laporan pertama, dari American Petroleum Institute, akan dirilis pada hari Selasa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak akan mencermati data persediaan minyak mentah mingguan AS, yang jika terealisir meningkat akan menekan harga minyak mentah dan sebaliknya.