Bursa Eropa Akhir Pekan Ditutup Naik Didukung Sektor Perbankan; Secara Mingguan Menguat

540
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat mencerna data ekonomi AS serta awal musim pendapatan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,53% lebih tinggi, sesi positif keempat berturut-turut. Telah meraih keuntungan untuk minggu ini menjadi 1,15%, menurut data Eikon.

Indeks FTSE 100 Inggris ditutup naik 0,36%.
Indeks DAX Jerman berakhir naik 0.5%.
Indeks CAC 40 Perancis ditutup menguat 0,52%.

Perbankan adalah sektor teratas, naik 3% setelah hasil dari bank AS JPMorgan, Citigroup dan Wells Fargo mengalahkan perkiraan.

Utilitas turun 1,5% untuk memimpin kerugian.

Indeks harga produsen AS untuk bulan Maret, ukuran harga yang dibayarkan oleh perusahaan, turun 0,5% dari bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan ritel turun 1%, menambah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menghentikan siklus kenaikan suku bunga saat ini.

Pada hari Rabu, data menunjukkan inflasi harga konsumen AS telah mereda.

Pembacaan menunjukkan kenaikan Fed 25 basis poin pada bulan Mei, kata James Knightley, kepala ekonom internasional di ING, dalam sebuah catatan. Pasar keuangan memperkirakan sekitar 82% kemungkinan ini, menurut Alat FedWatch CME.

Saham A.S. sedikit turun meskipun hasil perbankan, sementara pasar Asia-Pasifik sebagian besar naik pada hari Jumat.

Dechra Pharmaceuticals, pembuat produk hewan Inggris, tetap naik tajam pada perdagangan sore di tengah berita sedang dalam pembicaraan mengenai pengambilalihan ekuitas swasta senilai £4,63 miliar ($5,8 miliar). Sahamnya naik 33,5% pada pukul 15:30. waktu London.

Pelaku kuat lainnya termasuk AAK Swedia, produsen minyak dan lemak nabati, yang diperdagangkan 9,1% lebih tinggi setelah melaporkan rekor laba operasi pada kuartal pertama.

Dan grup properti Eropa Aroundtown terus mendorong lebih tinggi dari rekor terendah 5 April, naik 5,5%. Saham telah terpukul tahun ini karena investor resah atas tumpukan utangnya dan dampak dari suku bunga yang lebih tinggi bersama dengan ketidakpastian ekonomi yang lebih luas.

Secara sektoral, bank-bank Eropa adalah yang berkinerja terbaik, naik 2,9%.

Di bagian bawah indeks Stoxx 600, perusahaan listrik milik negara Finlandia, Fortum turun 4,6% di tengah perselisihannya dengan produsen turbin angin Denmark, Vesta.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil penutupan bursa Eropa dan sentimen positif dengan perkiraan penurunan dan penghentian kenaikan suku bunga oleh The Fed.