Harga Minyak Senin Turun Terpicu Kekhawatiran Kenaikan Suku Bunga AS

307

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Senin terpicu kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut, namun pelemahan dibatasi kesepakatan plafon utang tentatif AS untuk mencegah default di ekonomi terbesar dunia ini.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $72,95 per barel, turun 8 sen, atau 0,11%.

Minyak mentah berjangka Brent turun 28 sen, atau 0,36%, menjadi $76,67 per barel.

Perdagangan tenang pada hari Senin karena hari libur Inggris dan AS.

Harga minyak tertekan karena proyeksi lebih tinggi bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni.

Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy pada hari Sabtu menyelesaikan kesepakatan prinsip untuk menangguhkan plafon utang $31,4 triliun dan membatasi pengeluaran pemerintah untuk dua tahun ke depan. Kedua pemimpin menyatakan keyakinannya pada hari Minggu bahwa anggota partai Demokrat dan Republik akan memberikan suara untuk mendukung kesepakatan tersebut.

Mencapai kesepakatan dan semakin dekat untuk menghindari gagal bayar utang AS memperbaharui selera investor untuk aset berisiko seperti komoditas.

Pekan lalu, Brent dan WTI naik lebih dari 1%, naik untuk minggu kedua.

Peringatan Bin Salman dipandang sebagai sinyal bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, dapat memangkas produksi lebih lanjut ketika mereka bertemu pada 4 Juni.

Namun, komentar dari pejabat dan sumber perminyakan Rusia, termasuk Wakil Perdana Menteri Alexander Novak, menunjukkan produsen minyak terbesar ketiga di dunia itu condong ke arah membiarkan produksi tidak berubah.

Investor akan mengamati data manufaktur dan jasa di China, importir minyak terbesar dunia, minggu ini serta data Non Farm Payroll AS pada hari Jumat untuk sinyal pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak dibayangi sentimen bearish penguatan dolar AS dan proyeksi kenaikan suku bunga AS lebih lanjut di bulan Juni. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $71,98-$71,54. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $72,91-$73,11.