Harga Minyak Jumat Naik Lebih Tinggi Terdukung Pengetatan Pasokan

505
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik lebih tinggi pada hari Jumat terdukung adanya pengetatan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 69 sen menjadi $76,34 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 71 sen menjadi $80,35 per barel.

Kedua kontrak naik lebih dari $1 di awal sesi.

Sementara itu, pada awal Juli Rusia bergabung dengan Arab Saudi dalam memangkas produksi untuk Agustus.

Permintaan dari China dan India dapat bergeser lebih ke pemasok lain, yang akan mendorong harga minyak, kata para analis.

Di AS, persediaan minyak mentah juga turun, di tengah lonjakan ekspor minyak mentah dan pemanfaatan kilang yang lebih tinggi, Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan pada hari Rabu.

Secara terpisah pada hari Jumat, Menteri Energi UEA Suhail al-Mazrouei mengatakan kepada Reuters bahwa tindakan OPEC+ saat ini untuk mendukung pasar minyak sudah cukup untuk saat ini dan grup tersebut hanya berjarak satu panggilan telepon jika diperlukan langkah lebih lanjut.

Sementara itu, investor menyambut baik langkah-langkah stimulus yang dirancang untuk menghidupkan kembali ekonomi China yang lesu. Data dari konsumen minyak terbesar kedua di dunia menunjukkan target pertumbuhan tahunan 5% pemerintah akan terlewatkan.

Pada hari Jumat, otoritas China meluncurkan rencana untuk membantu meningkatkan penjualan mobil dan elektronik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan sealnjutnya, harga minyak dapat bergerak naik dengan adanya pengetatan pasokan seperti di Rusia dan AS.