KPEI Berikan Rasa Aman Bertransaksi di Bursa Saham

388
IHSG Bergerak Tipis di Awal Perdagangan Hari Kamis, Diprediksi Menguat

(Vibiznews – IDX) Seiring dengan berkembangnya zaman dan meleknya orang terhadap investasi, maka kita dapat lihat betapa banyaknya orang yang menawarkan investasi dalam bentuk apapun, mulai dari investasi property, investasi emas, investasi keuangan dan juga investasi di pasar modal.

Untuk investasi di pasar modal, sekarang siapapun orang dapat melakukan investasi ini mulai dari pelajar, mahasiswa, kaum awam sampai emak-emak. Yang terpenting siapapun yang melakukan investasi di pasar modal, mereka harus mengetahui beberapa hal, baik resiko, keuntungan, dan penyelesaian apabila terjadi masalah.

Terkadang masyarakat memiliki ketakutan dalam investasi di pasar modal dan timbul beberapa pertanyaan? Apakah uangnya aman, apakah ada jaminan jika ada masalah, dan banyak lagi pertanyaan lainnya.

Sebenarnya masyarakat tidak perlu kuatir dalam berinvestasi di pasar modal, karena didalam pasar modal itu sendiri ada PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) yang merupakan bagian dalam proses berinvestasi di pasar  modal. Dimana fungsi dari KPEI adalah sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan atau Central Counterparty (CCP).

Setiap transaksi yang dilakukan oleh investor semuanya tercatat di KPEI sehingga investor tidak perlu kuatir terhadap transaksi yang dilakukan. Keberadaan KPEI dalam industri pasar modal Indonesia memberikan rasa aman kepada investor karena KPEI melakukan penjaminan penyelesaian transaksi bursa khususnya pasar modal.

Masyarakat juga perlu mengetahui bahwa fungsi KPEI ada beberapa hal, diantaranya : Manajemen risiko kerugian trading, Penyeimbangan transaksi dalam pasar, Mengelola kebutuhan margin para anggota, Memfasilitasi pengiriman dana secara teratur, Memfasilitasi penutupan secara tertib melalui mekanisme lelang atas kewajiban kontraktual pihak yang wanprestasi.

Setelah mengetahui akan tugas dan fungsi KPEI diharapkan semua masyarakat tidak perlu takut lagi untuk berinvestasi di pasar modal.

Yuk mari kita nabung saham, kalau bukan sekarang kapan lagi!!!