PT. Lupromax Pelumas Indonesia Tbk. Perusahaan Pelumas Pertama Yang Mencatatkan Saham di BEI

316

(Vibiznews – IDX) PT. Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) merupakan Perseroan yang bergerak dalam bidang usaha pelumas dan pelumas aditif secara resmi mencatatkan saham nya pada Bursa Efek Indonesia pada tanggal 9 Agustus 2023 melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana atau Initial Public Offering (IPO). Perseroan menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia sebagai Pelaksana Penjamin Emisi Efek.

“Pencatatan saham ini merupakan tonggak bersejarah bagi perseroan. Melalui IPO ini, kami berharap dapat memperluas titik distribusi ke seluruh wilayah Indonesia dan meningkatkan pengembangan serta inovasi terhadap produk-produk Lupromax,” kata Kartiko Soemargono, Direktur Utama PT. Lupromax Pelumas Indonesia Tbk.

LMAX melepas kepada publik sebanyak 195.000.000 lembar saham dengan harga Rp200 per lembar saham. Dengan demikian, dari IPO ini, perseroan akan memperoleh dana sebesar Rp39 milyar. Selain itu, perseroan juga akan menerbitkan waran sebanyak 97.500.000 lembar dengan harga Rp180 per lembarnya. Dana yang diperoleh, sebanyak 70% akan digunakan untuk pembelian persediaan dan sisanya untuk biaya operasional.

PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) memproyeksikan nilai penjualan hingga tahun 2028 mampu melambung hingga 300 persen menjadi Rp142 miliar dibandingkan dengan realisasi Tahun Buku 2022. Menurut Kartiko, Perseroan optimistis bisa mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 300 persen tersebut, sehingga laba bersih Tahun Buku 2028 bisa mencapai Rp12 miliar atau melonjak 400 persen dibanding Tahun Buku 2022.