Harga Kakao Rabu Ditutup Turun Terpicu Cuaca Baik di Afrika Barat

304
kakao

(Vibiznews – Commodity) Harga Kakao Rabu ditutup sedikit lebih rendah terpicu laporan bahwa hujan lebat telah berakhir dan kondisi cuaca membaik di Afrika Barat, yang akan menguntungkan pertumbuhan tanaman kakao dan kerja lapangan.

Harga Kakao bulan September ditutup turun 0,42% pada 3.319

Pada hari Senin, kakao NY menguat ke level tertinggi 12 tahun terdekat karena prospek pasokan kakao yang lebih ketat di masa depan telah mendorong dana pembelian kakao. Pasokan kakao semakin ketat karena penjualan kakao forward Pantai Gading 2023/24 dari 1 Oktober hingga 7 Juli turun -1,3 MMT (-13,3%) y/y, dan regulator kakao Pantai Gading, Le Conseil Cafe Cacao, mengatakan pada 18 Juli bahwa Pantai Gading tidak melanjutkan penjualan kakao untuk ekspor pada musim 2023/24.

Harga kakao naik selama dua bulan terakhir karena hujan lebat baru-baru ini di Afrika Barat yang mempercepat penyebaran penyakit busuk buah, yang menyebabkan buah kakao menjadi hitam dan busuk. Penyebaran penyakit dari cuaca basah yang ekstrem dapat mengakibatkan penurunan kualitas dan produksi tanaman kakao dan mendorong pasar kakao global mengalami defisit tahun ketiga untuk musim 2023/24.

Pasokan kakao yang berkurang dari Pantai Gading mendorong kenaikan harga setelah petani Pantai Gading mengirimkan 2,32 MMT kakao dari 1 Okt-6 Agustus, turun -2,9% y/y. Pantai Gading adalah penghasil kakao terbesar di dunia. Selain itu, persediaan kakao yang dipantau ICE yang disimpan di pelabuhan AS terus menurun selama dua bulan terakhir menjadi 4-1/4 bulan Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao akan mencermati data inflasi AS yang jika terealisir naik dan menguatkan dolar AS, akan dapat menekan harga kakao. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3.262-3.209. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 3.407-3.468.