Non Farm Payrolls AS September Meningkat Melebihi Perkiraan; Akankah Mendorong The Fed Menaikkan Suku Bunga?

765

(Vibiznews – Economy & Business) Non Farm Payrolls AS meningkat sebesar 336 ribu pada bulan September 2023, jauh di atas revisi naik sebesar 227 ribu pada bulan Agustus, dan mengalahkan perkiraan pasar sebesar 170 ribu.

Angka ini merupakan perolehan lapangan kerja terkuat dalam delapan bulan terakhir, dan jauh di atas angka kebutuhan per bulan sebesar 70K-100K untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Peningkatan lapangan kerja terjadi pada sektor rekreasi dan perhotelan yang memimpin dengan 96.000 lapangan kerja baru. Penerima manfaat lainnya termasuk pemerintah (73.000), layanan kesehatan (41.000) dan layanan profesional, ilmiah dan teknis (29.000). Pekerjaan film dan rekaman suara turun 5.000 dan turun 45.000 sejak bulan Mei di tengah kebuntuan ketenagakerjaan di Hollywood.

Ketenagakerjaan menunjukkan sedikit perubahan di industri besar lainnya, termasuk pertambangan, penggalian, dan ekstraksi minyak dan gas; konstruksi; manufaktur; perdagangan grosir; perdagangan eceran; kegiatan keuangan; dan layanan lainnya.

Angka tenaga kerja yang kuat dikhawatirkan pasar dapat mendorong Federal Reserve mempertahankan suku bunga tetap tinggi dan bahkan mungkin menaikkan suku bunga lebih tinggi lagi untuk menekan inflasi.