Harga Minyak Rabu Sesi Eropa Datar; Sentimen Penurunan Pasokan Menghadapi Penurunan Permintaan

253
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak bergerak datar pada hari Rabu dengan tanda-tanda berkurangnya pasokan AS menghadapi data ekonomi yang mengurangi prospek permintaan energi.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS flat pada $83,73 per barel.

Minyak mentah berjangka Brent naik tipis 1 sen pada $88,18 per barel.

Data industri menunjukkan pasokan minyak mentah AS berkurang sekitar 2,7 juta barel dalam pekan yang berakhir pada 20 Oktober, menurut sumber pasar yang mengutip angka American Petroleum Institute pada hari Selasa. Hal ini bertentangan dengan delapan analis yang disurvei oleh Reuters yang memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah naik sekitar 200.000 barel dalam seminggu.

Data persediaan pemerintah AS akan dirilis pada hari Rabu.

Sementara itu, data aktivitas bisnis zona Eropa secara mengejutkan mengalami penurunan pada bulan ini, menunjukkan bahwa blok tersebut mungkin akan tergelincir ke dalam resesi, yang akan menyeret prospek permintaan minyak.

Data di Jerman menunjukkan bahwa resesi di negara tersebut sedang berlangsung. Dunia usaha di Inggris kembali melaporkan penurunan aktivitas bulanan, menyoroti risiko resesi menjelang keputusan suku bunga Bank of England minggu depan.

Investor juga terus memperhatikan Timur Tengah, karena para pelaku pasar khawatir meluasnya konflik di sana dapat mengguncang pasar minyak dan mengganggu pasokan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak dapat bergerak datar dengan tarik menarik sentimen pengurangan pasokan AS dan kekhawatiran penurunan permintaan. Namun jika malam nanti data pasokan minyak mentah mingguan AS yang dirilis EIA terealisir naik, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak WTI diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $83,37-$83,06. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $83,90-$84,20.