Indeks Nikkei Jumat Berakhir Naik; Secara Mingguan Melonjak 3 Persen

484
asian

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang berakhir naik pada akhir pekan hari Jumat, menghapus penurunan dari sesi sebelumnya karena pendapatan domestik yang kuat meningkatkan sentimen pasar.

Indeks Nikkei 225 naik 0,48% menjadi ditutup pada 33.585, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas naik 0,95% menjadi 2.391.

Indeks Nikkei dan Topix juga melonjak masing-masing 3,1% dan 2,3%, pada minggu ini seiring menurunnya inflasi AS yang memperkuat harapan bahwa Federal Reserve telah selesai menaikkan suku bunga.

Awal pekan ini, data menunjukkan bahwa perekonomian Jepang menyusut lebih cepat dari perkiraan pada kuartal ketiga di tengah melambatnya permintaan global dan meningkatnya inflasi domestik.

Kenaikan penting terlihat dari indeks kapital besar seperti Toyota Motor (0,5%), Sumitomo Mitsui (1,4%), Renesas Electronics (1,6%), Shin-Etsu Chemical (2,1%), Kawasaki Kisen (1,8%) dan Panasonic Holdings (5,5%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan mendatang, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street di akhir pekan, yang jika berakhir menguat akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Namun sebaliknya jika berakhir menurun, akan dapat menekan bursa Jepang.