Bursa Jepang Jumat Berakhir Naik Membawa Kenaikan Mingguan; Saham Toyota dan Mitsubishi Melonjak

588

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang akhir pekan hari Jumat ditutup naik, dengan Indeks Topix bergerak menuju level tertinggi baru dalam 33 tahun karena investor menilai data ekonomi utama di Jepang.

Indeks Nikkei 225 naik 0,52% menjadi ditutup pada 33.625, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas naik 0,54% menjadi 2.391 dalam perdagangan pasca-liburan pada hari Jumat.

Untuk minggu ini indeks Nikkei 225 naik tipis 0,13%. Kenaikan bursa Jepang minggu ini dibatasi profit taking pada awal minggu, setelah minggu lalu indeks Nikkei menguat.

Tingkat inflasi umum di negara ini meningkat menjadi 3,3% di bulan Oktober dari 3% di bulan September, yang merupakan angka tertinggi sejak bulan Juli.

Angka awal juga menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di Jepang melambat ke level terendah dalam 11 bulan pada bulan November di tengah berlanjutnya pelemahan di sektor manufaktur.

Hampir semua sektor berpartisipasi dalam kenaikan ini, dengan kenaikan signifikan dari indeks kapital besar seperti Toyota Motor (2.7%), Mitsubishi Heavy Industries (6.4%), Kawasaki Kisen (2.8%), Recruit Holdings (2.4%), SoftBank Group (0.5%) dan Renesas Elektronik (2,3%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati data aktivitas bisnis AS di akhir pekan yang jika terealisir turun akan dapat memberikan sentimen bearish bagi bursa Jepang.