Harga Minyak Selasa Berakhir Melonjak Terbantu Banyak Sentimen Positif

290

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berakhir melonjak pada hari Selasa, terpicu sentimen positif dimana kemungkinan OPEC+ akan memperpanjang atau memperdalam pengurangan pasokan, penurunan produksi minyak Kazakh yang terkait dengan badai, dan melemahnya dolar AS.

Minyak mentah berjangka WTI AS ditutup naik $1,55, atau 2,1%, menjadi $76,41.

Minyak mentah berjangka Brent ditutup naik $1,70, atau 2,1%, menjadi $81,68 per barel.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, akan mengadakan pertemuan tingkat menteri secara online pada hari Kamis untuk membahas target produksi 2024.

Pembicaraan akan sulit dilakukan dan perpanjangan perjanjian sebelumnya mungkin terjadi dibandingkan pengurangan produksi yang lebih besar, kata empat sumber OPEC+.

Minyak juga mendapat dukungan dari melemahnya dolar, perkiraan penurunan persediaan minyak mentah AS, dan penurunan produksi Kazakh.

Ladang minyak terbesar di Kazakhstan telah mengurangi gabungan produksi minyak harian mereka sebesar 56%.

Empat analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan bahwa laporan pasokan mingguan AS terbaru akan menunjukkan persediaan minyak mentah turun sekitar 900.000 barel.

Dolar AS merosot ke level terendah dalam tiga bulan pada hari Selasa setelah Gubernur Federal Reserve AS Christopher Waller menandai kemungkinan menurunkan suku bunga kebijakan Fed dalam beberapa bulan ke depan jika inflasi terus menurun.

Pelemahan dolar biasanya meningkatkan permintaan minyak, membuat minyak dalam mata uang dolar lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak dapat bergerak naik dengan pelemahan dolar AS dan komentar dovish pejabat Fed. Juga jika data pasokan minyak mentah mingguan AS terealisir turun, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $77,41-$78,40. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $75,03-$73,64.