Rekomendasi Mingguan AUDUSD 28 Januari – 2 Februari 2024: Kekuatan Ekonomi AS Menahan Laju Aussie

299
audusd

(Vibiznews – Forex) – Pergerakan aussie dolar dalam pair AUDUSD pekan lalu bearish karena dolar AS menguat karena data ekonomi yang optimis.

Pekan lalu, Amerika Serikat merilis data aktivitas bisnis yang menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan jasa.

Selain itu PDB AS kuartal terakhir tahun 2023 menunjukkan data yang lebih tinggi dari perkiraan menunjukkan ketahanan perekonomian AS.

Kedua data ekonomi ini mengindikasikan bahwa The Fed tidak perlu menurunkan suku bunga dalam waktu dekat, yang memberikan tenaga kuat bagi laju dolar AS.

Penggerak Sentimen Pekan 28 Janauri – 2 Februari 2024

Australia akan merilis data inflasi konsumen minggu depan yang diperkirakan akan menunjukkan data yang lebih rendah dari periode sebelumnya.

Laporan terakhir mengenai inflasi di Australia menunjukkan penurunan tajam ke level terendah dalam dua tahun. Akibatnya, investor menjadi yakin bahwa RBA sudah selesai menaikkan suku bunga.

Sementara itu, AS akan merilis data PMI manufaktur dan juga kinerja lapangan kerja seperti data NFP periode Januari yang diperkirakan juga melambat.

Laporan NFP yang positif  dapat menyebabkan berkurangnya proyeksi  penurunan suku bunga Fed yang mendorong kekuatan dolar.

Selain itu juga akan meninjau risalah pertemuan The Fed yang dapat memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya pada suku bunga di AS.

Proyeksi Mingguan Teknikal AUDUSD

Pada grafik harian, AUDUSD telah turun tajam setelah menyentuh level resistensi 0,6850. Akibatnya, bias berubah dari bullish menjadi bearish, dengan harga kini diperdagangkan di bawah SMA 22.

Pada saat yang sama, RSI telah beralih dari perdagangan mendekati level overbought ke perdagangan mendekati wilayah oversold.

Namun, momentum bearish baru telah berhenti di zona support yang solid. Harga sedang berjuang di level 0,6550.

Aksi harga menunjukkan keragu-raguan di zona support dengan candle bertubuh kecil dan sumbu besar. Keragu-raguan ini mungkin menyebabkan kemunduran ke SMA 22 atau penembusan di bawah zona support.

Mengingat kuatnya bias bearish, besar kemungkinan harga akan menembus zona tersebut. Jika ini terjadi, penjual akan bebas mendorong harga lebih rendah ke level support 0.6351.