Harga Kopi Arabika Selasa Berakhir Turun Tertekan Penguatan Dolar AS dan Perkiraan Cuaca Hujan Brazil

258

(Vibiznews – Commodity) Harga kopi arabika berjangka di bursa komoditi berjangka New York pada hari Selasa berakhir lebih rendah tertekan penguatan dolar AS dan perkiraan cuaca hujan di Brazil.

Harga kopi arabika berjangka kontrak bulan Maret 2024 ditutup turun 1,33% pada 193,00.

Penguatan indeks dolar AS pada hari Selasa ke level tertinggi dalam 3 bulan merupakan bearish bagi sebagian besar harga komoditas, termasuk kopi.

Selain itu, harga kopi arabika juga diperdagangkan lebih rendah dengan adanya perkiraan hujan di wilayah penghasil kopi Brazil selama dua minggu ke depan.

Juga penurunan harga kopi terpicu carryover negatif dari hari Senin ketika kelompok eksportir Cecafe melaporkan ekspor kopi Brazil pada bulan Januari melonjak +45% y/y menjadi 3,7 juta kantong. Brazil merupakan produsen biji kopi arabika terbesar di dunia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan mencermati perkembangan cuaca di Brazil, jika terjadi cuaca hujan, akan menekan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 190,73-188,47. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 196,18-199,37.