Rekomendasi Minyak 7 Maret 2024: Terkoreksi Turun Sedikit Setelah Sempat Naik

397
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada awal jam perdagangan sesi AS hari Rabu malam, sempat naik ke atas $79.00, namun akhirnya turun kembali ke bawah $79.00 di sekitar $78.85  per barel pada jam perdagangan sesi Asia hari Kamis pagi, dengan berkurangnya pelemahan dolar AS. Indeks dolar AS naik dari 103.200 pada hari Rabu malam ke 103.500 pada hari Kamis pagi.

Harga minyak mentah WTI sempat naik karena ketua Federal Reserve AS (the Fed) mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya peningkatan resiko resesi di dalam perekonomian AS.

Pada pernyataan yang disiapkan oleh Powell di dalam laporan kebijakan moneter setengah tahunan yang disampaikan kepada Kongres AS, dikatakan bahwa Powell tidak yakin inflasi AS akan kembali ke 2%.

Powell menambahkan bahwa Tingkat bunga kemungkinan sudah berada pada posisi puncaknya dalam siklus pengetatan sekarang ini. Dan Powell menambahkan lagi, “kemungkinan pantas untuk mulai kembali ke kebijakan restriksi pada suatu waktu di tahun ini.”

Perkiraan pasar mengenai kebijakan moneter Federal Reserve AS (the Fed) tidak berubah setelah komentar Powell yang hawkish. Menurut CME FedWatch Tool, pasar masih melihat kemungkinan 70% the Fed akan menurunkan tingkat bunganya pada bulan Juni.

Kenaikan harga minyak mentah WTI juga disebabkan karena keluarnya laporan Crude Oil Stocks Change dari Energy Information Administration (EIA) yang menunjukkan bahwa stok minyak mentah AS di bawah daripada yang diperkirakan. Hal ini meneguhkan laporan sebelumnya dari the American Petroleum Institute (API) yang juga mengatakan bahwa persediaan minyak mentah AS lebih sedikit daripada yang diperkirakan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $77.89 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $76.24 dan kemudian $75.25. “Resistance” yang terdekat menunggu di $79.71 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.46 dan kemudian $81.78.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.