Harga Kedelai Kamis Naik Terpicu Ekspektasi Penurunan Pasokan Brazil

337
kedelai, soymeal, minyak kedelai

(Vibiznews – Commodity) Harga kedelai berjangka Chicago pada hari Kamis bergerak naik terpicu ekspektasi pasokan yang lebih rendah.

Harga kedelai berjangka kontrak bulan Mei 2024 bergerak naik 0,17% pada $11.900.

Kedelai berjangka diperdagangkan mendekati mendekati level tertinggi dalam tiga minggu, karena ekspektasi pasokan yang lebih rendah.

CONAB, badan tanaman Brazil merevisi perkiraan produksi kedelai turun 2,6 juta metrik ton menjadi 146,858 juta metrik ton karena kondisi cuaca buruk. Hal ini menjadikan produksi kedelai Brazil sebesar 146,85 juta metrik ton, 2,55 juta metrik ton lebih rendah dari perkiraan sebelumnya, dan 8,15 juta metrik ton di bawah proyeksi USDA.

Selain itu, hujan lebat di Argentina menyebabkan kejenuhan tanah di wilayah pertanian penting, sehingga berpotensi berdampak pada upaya panen. Harga kedelai masih turun lebih dari 9% pada tahun ini, masih mendekati titik terendah sejak tahun 2020 pada bulan lalu karena surplus kedelai Brasil menyusul rekor panen tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kedelai akan bergerak naik didukung perkiraan penurunan pasokan Brazil. Harga kedelai diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $11.99-$12.07. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $11.87-$11.85.