Harga Kopi Arabika Selasa Ditutup Naik Tertinggi 2 Minggu Mengikuti Kenaikan Kopi Robusta

248
kopi

(Vibiznews – Commodity) Harga kopi arabika berjangka di New York pada hari Selasa ditutup naik mencatat rekor tertinggi dalam 2 minggu mengikuti kenaikan tinggi kopi Robusta.

Harga kopi arabika berjangka kontrak bulan Mei 2024 berakhir naik1,29% pada $1.8805 per pon.

Kopi robusta bulan Mei mencatatkan kontrak tertinggi, setelah mendapat dukungan dari proyeksi Asosiasi Kopi Vietnam pada hari Selasa bahwa ekspor kopi Vietnam pada tahun 2023/24 akan turun -20% y/y menjadi 1,336 MMT karena cuaca kering mengurangi hasil dan produksi kopi. Penguatan harga kopi Robusta pada hari Selasa memberikan dukungan tambahan terhadap kopi arabika.

Faktor negatif terhadap kopi adalah curah hujan di atas rata-rata yang baru-baru ini terjadi di Brazil, sehingga mengurangi kekhawatiran akan kekeringan. Somar Meteorologia melaporkan pada hari Senin bahwa wilayah Minas Gerais di Brasil menerima curah hujan sebesar 28 mm dalam seminggu terakhir, atau 106% dari rata-rata historis. Minas Gerais menyumbang sekitar 30% tanaman arabika Brasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan mencermati cuaca di Brazil, jika terjadi hujan di atas rata-rata, akan menekan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $1.86-$1.83. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $1.90-$1.92.