Indeks Hang Seng Jumat Berakhir Naik; Secara Mingguan Melonjak 3 Persen

172
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir naik pada akhir pekan hari Jumat, setelah Tiongkok meluncurkan upaya baru untuk menghidupkan kembali sektor properti dengan melonggarkan aturan hipotek.

Indeks Hang Seng naik 177,08 poin atau 0,91% menjadi berakhir pada 19,553.61.

Beijing juga mendesak pemerintah daerah untuk membeli rumah yang tidak terjual dari pembangun untuk diubah menjadi rumah yang terjangkau.

Sementara itu, PBoC memangkas uang muka minimum untuk pembeli rumah pertama menjadi 15% dan 25% untuk pembelian rumah kedua.

Secara mingguan indeks Hang Seng melonjak 3,1%, naik ke level tertinggi dalam 9-1/2 bulan, didorong oleh penerbitan obligasi ultra-panjang oleh otoritas Tiongkok untuk mendanai proyek-proyek utama.

Pasar mengabaikan data yang beragam di Tiongkok daratan untuk bulan April, karena pertumbuhan produksi industri melebihi perkiraan dan tingkat pengangguran mencapai titik terendah dalam lima bulan sementara penjualan ritel melambat.

Saham properti memimpin kenaikan, diikuti oleh sektor konsumen, teknologi, dan keuangan. Ping An Insurance melonjak 5,8% sementara Overseas Land dan Semiconductor Manufacturing masing-masing naik 4,6% dan 1,7%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang akan dipengaruhi pernyataan para pejabat Fed dan menurunnya data inflasi AS yang memicu sentimen penurunan suku bunga AS dalam waktu lebih cepat.