Harga Minyak Dunia Sedikit Terguncang Setelah Kesepakatan OPEC

198
opec

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah berfluktuasi di kisaran terendah dalam 3 bulan pada perdagangan komoditas sesi Eropa Senin (3/6/2024) di bawah $77 per barel.

Harga Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan Juni sempat naik ke $77,48 per barel, kini berada di $76,73 atau turun 0,34%.

Untuk harga minyak mentah berjangka acuan jenis Brent turun 0,24% menjadi $80,91 per barel setelah sempat anjlok ke posisi $81,67 per barel.

Harga minyak acuan diatas berjuang untuk mendapatkan arah yang jelas setelah OPEC+ pada akhir pekan sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi kolektif mereka hingga tahun 2025.

Hal ini akan mencakup pemotongan sukarela sebesar 3,66 juta barel per hari yang akan berakhir pada akhir tahun. 2024, sementara kelompok ini juga melanjutkan putaran pemotongan produksi sebesar 2,2 juta barel per hari hingga akhir kuartal ketiga tahun ini.

Sementara itu, 8 negara OPEC+ mengindikasikan rencana untuk secara bertahap menghapus pengurangan tambahan sebesar 2,2 juta barel per hari selama setahun mulai Oktober 2024 hingga September 2025.

Bulan lalu, harga minyak turun sekitar 6% karena ketidakpastian sisi permintaan membebani pasar.

Harga minyak baru-baru ini tertekan oleh kekhawatiran bahwa Federal Reserve AS akan memperpanjang suku bunga tinggi, yang berpotensi memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.