Harga Emas Jumat Bergerak Turun; Berada di Jalur Kenaikan Mingguan Kedua Berturut-turut

257

(Vibiznews – Commodity) Harga emas hari Jumat bergerak turun, namun berada di jalur kenaikan mingguan kedua berturut-turut karena permintaan menguat di tengah ekspektasi penurunan suku bunga dari Federal Reserve AS

Harga emas spot turun 0,2% menjadi $2,354.86 per ons. Namun, Emas batangan telah naik 0,9% sepanjang minggu ini, menyusul kenaikan 1,7% pada minggu lalu.

Harga emas berjangka AS turun 1,30% pada $2,338.30.

Data pada hari Kamis menunjukkan permohonan tunjangan pengangguran AS untuk pertama kalinya turun secara moderat pada minggu lalu, sementara pembangunan perumahan baru turun. Hal ini, bersama dengan penjualan ritel yang lemah pada bulan lalu, menjaga peluang penurunan suku bunga pada bulan September tetap ada.

Pasar saat ini memperkirakan satu atau dua kali penurunan suku bunga sebesar 25bps dari The Fed pada tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas dapat bergerak turun tertekan penguatan dolar AS.