Harga Minyak Rabu Ditutup Naik Terbantu Pelemahan Dolar AS dan Penurunan Pasokan Mingguan AS

71
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka pada hari Rabu bergerak lebih tinggi setelah terpicu pelemahan dolar AS dan penurunan persediaan minyak mentah mingguan AS.

Harga minyak mentah berjangka WTI berakhir naik 1,29% pada $83,88 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent berakhir naik 1,28% pada $87,34 per barel.

Indeks dolar AS jatuh ke level terendah dalam 3 minggu.

Harga minyak mentah menambah keuntungannya pada hari Rabu setelah laporan mingguan EIA menunjukkan persediaan minyak mentah turun lebih dari yang diharapkan, dan permintaan bensin AS naik ke level tertinggi dalam 7 1/2 bulan.

Harga minyak mentah turun kembali pada hari Rabu karena kekhawatiran ekonomi AS setelah klaim pengangguran mingguan naik ke level tertinggi 2-1/2 tahun, dan indeks jasa ISM bulan Juni berkontraksi pada laju paling tajam dalam 4 tahun.

Minyak mentah juga mendapat dukungan di tengah kekhawatiran bahwa musim badai di AS yang lebih kuat dari perkiraan dapat menyebabkan berkurangnya produksi minyak mentah AS, yang mendukung harga setelah Badai Beryl menguat menjadi badai Kategori 5, badai terkuat yang pernah terjadi di Atlantik pada awal tahun ini.

Berita ekonomi AS pada hari Rabu lebih lemah dari perkiraan dan bearish untuk permintaan energi dan harga minyak mentah. Klaim lanjutan mingguan AS naik +26.000 ke level tertinggi dalam 2 1/2 tahun sebesar 1,858 juta, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih lemah dibandingkan ekspektasi sebesar 1,840 juta. Selain itu, pesanan pabrik bulan Mei secara tak terduga turun -0,5% bulan/bulan, lebih lemah dari ekspektasi +0,2% bulan/bulan dan merupakan penurunan terbesar dalam 4 bulan. Selain itu, indeks jasa ISM bulan Juni turun -5,0 menjadi 48,8, lebih lemah dari ekspektasi 52,7 dan laju kontraksi paling tajam dalam 4 tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak mentah dapat tertekan dengan pelemahan ekonomi AS yang memicu kekhawatiran penurunan permintaan. Harga minyak mentah berjangka AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $82,92-$81,95. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $84,39-$84,89.