OJK Perkuat Tata Kelola dan Integritas Sektor Jasa Keuangan (SJK)

111
OJK Perkuat Tata Kelola dan Integritas Sektor Jasa Keuangan

 

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meningkatkan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya di daerah . Dalam rangka memperkuat tata kelola dan integritas sektor jasa keuangan (SJK) secara berkelanjutan.

Untuk mendukung upaya tersebut, OJK kembali menggelar Roadshow Governansi Tahun 2024 di Kota Makassar. Dengan melibatkan seluruh stakeholders di wilayah kerja provinsi Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Selasa.

Rangkaian kegiatan Roadshow Governansi di Makassar terdiri dari Governansi Insight Forum (In Fo) dan Student Integrity Camp (In Camp) yang dilaksanakan tanggal 8-9 Juli 2024.

Pada kegiatan Governansi Insight Forum (In Fo), Ketua Dewan Audit OJK Sophia Wattimena menegaskan komitmen OJK. Yaitu untuk terus mengampanyekan pentingnya penegakan governansi dan integritas, khususnya di Sektor Jasa Keuangan.

Karena berdasarkan hasil penilaian, seperti Corruption Perception Index (CPI) dan Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK, terlihat bahwa level governansi dan integritas di Indonesia masih belum seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, kita bersama-sama perlu berkolaborasi untuk memperbaiki kondisi tersebut. Dan mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi, termasuk pada sektor jasa keuangan,” kata Sophia.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Azis Bennu, menyampaikan bahwa tantangan Pemerintah Daerah semakin meningkat.

Dan membutuhkan transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, forum ini merupakan wadah penting untuk berkolaborasi dan meningkatkan harmonisasi sebagai pondasi kokoh bagi kemajuan SJK, khususnya di daerah.

Roadshow Governansi Makassar dilanjutkan dengan kegiatan Student Integrity Camp (In Camp) yang diikuti oleh kurang lebih 900 peserta civitas academica secara hybrid. Terdiri dari perwakilan rektorat, guru besar, dosen, dan mahasiswa di wilayah Sulawesi, yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Hasanuddin, Universitas Bosowa. Dan Universitas Islam Negeri, pada tanggal 9 Juli 2024.

Dalam kegiatan In Camp, Kepala Departemen Penegakan Integritas dan Audit Khusus OJK Siswani Wisudati menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan OJK. Terutama dalam menegakkan integritas di sektor jasa keuangan. Serta pentingnya peran mahasiswa sebagai penerus bangsa untuk dapat menjaga dan memperkuat integritas Indonesia, termasuk sektor jasa keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Muhamadyah Makassar Prof DR H Ambo Asse, M. Ag., juga menekankan pentingnya pengawasan. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi OJK, termasuk pada diri kita sendiri.
“Setiap orang punya catatan amal, apa yang kita tulis seharusnya adalah apa yang kita lakukan, sebagai bagian pengawasan internalnya,” kata Ambo Asse.

Ke depan, OJK terus berkomitmen untuk tidak hanya memperkuat secara internal, tetapi bersama seluruh pemangku kepentingan juga mendorong governansi. Dan integritas bagi Industri Jasa Keuangan, dan Masyarakat.

Belinda Kosasih/ VBN/ Managing Partner Vibiz Consulting