BI dan Bank Sentral Uni Emirat Arab Sepakati Kerja Sama Sistem Pembayaran

70
BI dan Bank Sentral Uni Emirat Arab Sepakati Kerja Sama Sistem Pembayaran
Sumber: Bank Indonesia

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (CBUAE) menyepakati Memorandum of Understanding (MoU). Hal ini dilakukan guna membentuk kerangka kerja penguatan kerja sama bilateral di area sistem pembayaran.

MoU ini merupakan salah satu capaian dari kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Uni Emirat Arab (UEA).

Sebagai informasi, MoU ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur CBUAE, Khaled Mohamed Balama. Kerja sama ini merupakan keberlanjutan dari MoU kerja sama bilateral yang ditandatangani pada 29 Novermber 2023.

Kerja sama ini yang memfasilitasi penguatan kerja sama dan pertukaran informasi di berbagai bidang, termasuk sistem pembayaran dan inovasi digital. MoU ini juga melengkapi kerja sama penggunaan mata uang lokal melalui framework Local Currency Transaction (LCT).

Kerja sama ditujukan untuk menghubungkan sistem pembayaran kedua negara guna memfasilitasi sistem pembayaran yang lebih cepat, efisien, transparan dan terjangkau. Yang pada akhirnya dapat mendukung pembangunan ekonomi kedua negara.

Implementasi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan manajemen risiko, memfasilitasi pengawasan kooperatif. Dan juga pelindungan hak konsumen sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing negara.

Gubernur Khaled Mohamed Balama menyampaikan MoU ini merupakan perwujudan dari perkembangan kemitraan ekonomi antara UEA dan Indonesia. Kerja sama ini merupakan pilar penting dalam upaya mendukung hubungan bilateral di bidang perdagangan dan investasi. Serta meningkatkan peran UEA dalam perdagangan global.

Saat ini, kita memiliki peluang untuk meningkatkan kerja sama dengan Bank Indonesia di seluruh bidang keuangan dan perbankan. Termasuk di dalamnya teknologi keuangan, inovasi, dan pembayaran digital.

Kerja sama ini memperkuat tujuan UEA untuk menjadi pusat teknologi keuangan global yang terkemuka dan solusi pembayaran digital lintas batas.

Gubernur Perry Warjiyo menyampaikan bahwa kerja sama di bidang sistem pembayaran ini tidak hanya memperkuat upaya untuk mendorong ekonomi dan keuangan digital. Baik di Indonesia maupun UAE, tetapi juga membuka peluang dan kesempatan baru bagi kedua negara.

Melalui kesepakatan ini, potensi pembayaran lintas batas dengan menggunakan mata uang lokal pada transaksi bilateral, memiliki prospek yang menjanjikan. Hal ini akan diimplementasikan pada 2024, BI dan CBUAE akan melanjutkan kerja sama dengan semangat. Demi untuk mencapai tujuan bersama, terutama di bidang sistem pembayaran, guna mendukung kemajuan ekonomi kedua negara.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting