IHSG Dibuka Bergairah Menguat 0,55% Pagi Ini

115
IHSG Dibuka Bergairah Menguat 0,55% Pagi Ini
Vibizmedia Photo

 

(Vibiznews – IDX Stock) – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka kembali bergairah pada awal perdagangan sesi I Rabu (14/8/2024). Naik di tengah respons positif pelaku pasar global. Hal ini terkait data inflasi produsen Amerika Serikat (AS) periode Juli 2024 yang lebih baik dari ekspektasi.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, IHSG dibuka menguat 0,55% ke posisi 7.396,76. Selang lima menit setelah dibuka, penguatan IHSG sedikit terpangkas yakni menguat 0,42% ke 7.387,22. IHSG masih berada di level psikologis 7.300.

Nilai transaksi indeks pada awal sesi I hari ini sudah mencapai sekitar Rp 666 miliar. Dengan volume transaksi mencapai 1,3 miliar lembar saham dan sudah ditransaksikan sebanyak 55.749 kali. Jika terus menguat, ini menjadi hari keempat IHSG reli di zona hijau.

Sebagai informasi, Selasa kemarin (13/8), IHSG ditutup menguat sebesar 0,81% atau 59 poin ke level 7.356,64.

IHSG cenderung kembali bergairah setelah data inflasi produsen AS pada periode Juli 2024 dirilis. Dan angkanya lebih baik dari ekspektasi pasar sebelumnya.
Indeks harga produsen (producer price index/PPI) untuk permintaan akhir naik tipis 0,1% pada Juli lalu.

Angka ini setelah naik 0,2% tanpa revisi pada Juni 2024, berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja AS. Angka ini lebih baik dari ekspektasi pasar sebelumnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PPI naik 0,2%. Dalam 12 bulan hingga Juli, PPI meningkat 2,2% setelah naik 2,7% pada Juni.

Harga produsen AS meningkat kurang dari yang diharapkan pada Juli karena biaya jasa turun paling banyak dalam hampir sekitar satu tahun. Terjadi di tengah tanda-tanda menurunnya daya penetapan harga untuk bisnis, bukti memudarnya tekanan inflasi yang memperkuat harapan penurunan suku bunga bulan depan.

Harga jasa turun 0,2%, penurunan terbesar sejak Maret 2023, setelah naik 0,4% pada Juni.Penurunan tersebut mencerminkan penurunan 1,3% dalam jasa perdagangan, yang mengukur perubahan margin yang diterima oleh pedagang grosir dan pengecer.

Ini merupakan penurunan terbesar untuk kategori tersebut sejak Februari 2015.
Margin perdagangan naik 1,4% pada Juni.

Saat ini pasar masih menanti rilis data indeks harga konsumen (IHK) AS periode Juli 2024 yang akan dirilis malam nanti waktu Indonesia.

Konsensus pasar dalam Trading Economics memperkirakan inflasi AS tahunan akan turun 0,1 basis poin menjadi 2,9% (year-on-year/yoy) pada Juli 2024. Dari sebelumnya 3% pada Juni lalu (yoy).

Sementara AS akan mengalami inflasi secara bulanan menjadi 0,2% setelah sebelumnya deflasi 0,1%. Inflasi inti AS diperkirakan akan menjadi 3,2% yoy dibanding bulan sebelumnya 3,3% yoy.

Kedua data ini dinilai penting dalam mempertimbangkan kebijakan moneter bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) yang akan diumumkan pada September. Para pelaku pasar meyakini akan ada pemangkasan suku bunga pada pertemuan bulan tersebut.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting