Harga Emas Jumat Bergerak Naik Terpicu Pelemahan Dolar AS dan Imbal Hasil Global

114
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas hari Jumat bergerak naik terdukung pelemahan dolar AS dan penurunan imbal hasil global.

Harga emas spot bergerak naik 1,55% pada $2.494,38 per ons.

Harga emas berjangka AS kontrak Desember bergerak naik 1,62% pada $2.532,7 per ons.

Emas Desember hari ini mencatat kontrak tertinggi baru dan emas Agustus dengan kontrak berjangka terdekat mencatat rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $2.493,90 per ons.

Pelemahan dolar hari ini dan penurunan imbal hasil obligasi global merupakan hal yang positif bagi logam mulia.

Selain itu, komentar dovish hari ini dari Presiden Fed Chicago Goolsbee menunjukkan bahwa ia mendukung pemangkasan suku bunga Fed bulan depan ketika ia mengatakan pasar tenaga kerja AS dan beberapa indikator utama ekonomi menunjukkan tanda-tanda peringatan.

Emas juga mendapat dukungan dari laporan pembangunan perumahan AS yang lebih lemah dari perkiraan hari ini, yang merupakan faktor dovish bagi kebijakan Fed.

Terakhir, permintaan safe haven untuk logam mulia tetap kuat terpicu ketegangan Iran – Israel di Timur Tengah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan bergerak naik terpicu pelemahan dolar AS dan imbal hasil global. Harga emas AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2.552-$2.571. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $2.501-$2.469.