BI Dan Kementerian Investasi/BKPM Perkuat Kerja Sama Layanan Perizinan Ekonomi Keuangan

134
BI Dan Kementerian Investasi/BKPM Perkuat Kerja Sama Layanan Perizinan Ekonomi Keuangan
Sumber: Bank Indonesia

 

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Penguatan sinergi dalam menjaga iklim investasi dan daya saing Indonesia menjadi faktor penting. Dalam menjaga dan meningkatkan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju.

Untuk mewujudkan hal ini, Bank Indonesia (BI) memperkuat kerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Terutama dalam memberikan layanan perizinan ekonomi keuangan terpadu sesuai kewenangan dan tugas masing-masing lembaga.

Dalam acara Central Banking Services Festival (CBFest) 2024 di Jakarta hari ini (28/8), Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Investasi/Kepala BKPM menuangkan penguatan sinergi tersebut.

Yaitu dalam Nota Kesepahaman Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka Pelaksanaan Tugas, Fungsi, dan Wewenang antara BI dengan Kementerian Investasi/ BKPM.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa koordinasi yang dilakukan memiliki implikasi strategis bagi kedua lembaga, dan melingkupi 3 aspek.

Pertama, koordinasi pelaksanaan kebijakan investasi dengan kebijakan makroekonomi, moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran baik di tingkat nasional maupun daerah. Hal ini guna menjaga persepsi positif terhadap ekonomi Indonesia.

Kedua, koordinasi pelaksanaan promosi investasi baik di tingkat global, nasional, maupun daerah.

Ketiga, koordinasi perizinan sektor keuangan dan investasi lainnya guna menjaga iklim investasi dan daya saing Indonesia. Koordinasi erat ini tentunya perlu didukung dengan penguatan pemanfaatan data dan/atau informasi. Serta pengembangan kompetensi sumber daya manusia di kedua lembaga.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua lembaga selama ini.

Adanya Nota Kesepahaman ini akan semakin memperkuat landasan hubungan baik antara kedua lembaga dan membuka ruang kerja sama yang lebih luas.
Seperti sinergi perijinan terkait sektor keuangan, pengembangan proyek-proyek prioritas seperti hilirisasi dan energi baru-terbarukan.

Termasuk kemitraan dalam bidang penanaman modal serta pengembangan sumber daya manusia.

CB Fest 2024 yang bertema “Embracing Innovation for The Future of Central Banking Services” merupakan forum diskusi dan sharing knowledge. Yaitu antarmitra penyedia dan pengguna layanan kebanksentralan yang membahas inovasi dalam penyediaan layanan kebanksentralan.

Pada rangkaian acara yang berlangsung 28 – 29 Agustus 2024 ini, Deputi Gubernur Senior Destry Damayanti menekankan pentingnya layanan perizinan. Di sektor keuangan yang Profesional, Akuntabel, Simpel, Transparan, dan Informatif (PASTI) bagi keberlanjutan perekonomian.

Untuk mendukung tersedianya layanan kebanksentralan yang andal dan prima, Bank Indonesia memodernisasi aspek proses bisnis dengan mengadaptasi teknologi terbaru.

Sehingga lebih fleksibel terhadap variasi instrumen dan skema yang berlaku pada pasar uang dan valuta asing. Serta menjaga aspek tata kelola terhadap traceability and audit atas seluruh transaksi, hingga pembukuan yang bertanggung jawab terhadap penyajian laporan keuangan kelembagaan.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting