Harga Emas Kamis Bergerak Naik Terpicu Ekspektasi Kuat Pemangkasan Suku Bunga The Fed September

87
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas bergerak naik pada hari Kamis, didorong oleh ekspektasi kuat pemangkasan suku bunga Federal Reserve pada bulan September dengan fokus mencermati data inflasi AS pada hari Jumat.

Harga emas spot naik 0,3% menjadi $2.510,44 per ons.

Harga emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $2.543,60.

Pasar secara luas memperkirakan pemangkasan suku bunga pada bulan september, dan sekarang hanya tinggal pertanyaan seberapa besar pemangkasan suku bunga yang akan dilakukan Fed

Ketegangan geopolitik di Timur Tengah juga menguatkan harga emas. Emas digunakan sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi dan geopolitik.

Data sebelumnya menunjukkan klaim pengangguran awal AS merosot minggu lalu, dengan Departemen Tenaga Kerja menambahkan bahwa tingkat pengangguran mungkin tetap tinggi pada bulan Agustus. Ketua Fed Jerome Powell Jumat lalu mengisyaratkan pemotongan suku bunga akan segera terjadi sebagai bentuk perhatian terhadap pasar kerja.

Para pedagang melihat peluang 67,5% untuk pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin (bp) pada bulan September dan sekitar 32,5% kemungkinan pengurangan yang lebih besar sebesar 50 bp, menurut alat CME FedWatch.

Pasar akan mengamati indeks harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE), ukuran inflasi yang disukai Fed, pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan bergerak naik terdukung ekspektasi kuat pemangkasan suku bunga The Fed bulan September dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah yang meningkatkan permintaan safe haven.