Harga Minyak Kamis Stabil Terpicu Kekhawatiran Gangguan Produksi Libya

63

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak stabil di sesi AS pada hari Kamis, terpicu kekhawatiran pasokan atas Libya, sementara penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih kecil dari yang diperkirakan melemahkan ekspektasi permintaan.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate AS berjangka
tergelincir 1 sen lebih rendah, atau 0,01%, pada $74,51.

Harga minyak mentah berjangka Brent tergelincir 7 sen, atau 0,09%, menjadi $78,58 per barel.

Kedua kontrak turun lebih dari 1% pada hari Rabu, setelah data menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 846.000 barel menjadi 425,2 juta minggu lalu, gagal memenuhi ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 2,3 juta.

Kekhawatiran atas gangguan pasokan dari Libya, positif bagi pasar, kata beberapa analis.

Masalah pasokan Libya, di tengah meningkatnya kekhawatiran geopolitik, akan membuat pasar minyak gelisah, dan kemungkinan akan membatasi penurunan harga.

Beberapa ladang minyak di Libya telah menghentikan produksi di tengah perebutan kendali bank sentral, dengan satu firma konsultan memperkirakan gangguan produksi antara 900.000 dan 1 juta barel per hari (bph) selama beberapa minggu.

Produksi Libya pada bulan Juli sekitar 1,18 juta bph.

Analyst Vibiz Research memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak dapat bergerak naik dengan kekhawatiran gangguan pasokan Libya.