Dolar AS, Euro, Poundsterling Akhir Pekan 11 Oktober 2024 Berakhir Datar

342

(Vibiznews – Forex) Indeks Dolar AS berakhir datar pada akhir pekan hari Jumat, setelah data indeks harga produsen bulan September secara tahunan turun menjadi 1,8%, di bawah target Fed sebesar 2,0%, yang memperkuat ekspektasi untuk penurunan suku bunga sebesar 25 bp pada pertemuan The Fed bulan November, menurunkan sentimen pemangkasan sebesar 50 bp.

Indeks dolar AS berakhir naik 0,02% pada 102,91.

Kenaikan dolar AS dibatasi data indeks sentimen konsumen AS bulan Oktober dari University of Michigan yang secara tak terduga menurun.

Indeks sentimen konsumen AS bulan Oktober dari University of Michigan secara tak terduga turun -1,2 menjadi 68,9, lebih lemah dari ekspektasi kenaikan menjadi 71,0.

Komentar hari Jumat dari Presiden Dallas Fed Logan sedikit agresif dan mendukung dolar ketika dia mengatakan dia mendukung penurunan suku bunga secara bertahap, dengan mengatakan, “Sangat penting untuk melihat ke depan saat kita memetakan jalur ini menuju netral, dan kita melakukannya secara bertahap untuk menyeimbangkan risiko yang kita miliki.”

Pasar memperkirakan peluang sebesar 91% untuk penurunan suku bunga -25 bp pada pertemuan FOMC 6-7 November dan sebesar 0% untuk penurunan suku bunga -50 bp pada pertemuan tersebut.

Sementara itu mata uang Euro dan Poundsterling juga berakhir datar pada akhir pekan.

Pasangan mata uang EUR/USD berakhir tidak berubah pada 1.0938.
Imbal hasil obligasi Zona Euro yang lebih tinggi mendukung euro setelah imbal hasil obligasi Jerman 10 tahun naik ke level tertinggi dalam 5 minggu pada hari Jumat. Namun kenaikan euro dibatasi oleh ekspektasi bahwa ECB akan memangkas suku bunga sebesar 25 bp pada pertemuan hari Kamis mendatang.

Pasangan mata uang GBP/USD berakhir naik tipis 0,06% pada 1.3067.
Kenaikan pertumbuhan ekonomi Inggris tidak dapat mengangkat poundsterling. Perekonomian Inggris tumbuh pada bulan Agustus setelah dua bulan berturut-turut mengalami stagnasi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan mencermati pernyataan para pejabat Fd, yang jika mendukung pemangkasan suku bunga Fed lebih kecil, akan menguatkan lagi dolar AS. Indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 102,78-102,66. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 103,01-103,12.