Preview: Initial Jobless Claims AS

819

Jumlah aplikasi untuk tunjangan pengangguran yang diajukan pada minggu lalu kurang dari yang diperkirakan sebesar 267.000, menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi AS terus berlanjut. Perkiraan para ekonom minggu yang lalu klaim pengangguran mencapai 268.000. Rata-rata empat minggu turun 750 ke level terendah dalam lebih dari sebulan mencapai 271.750.

Laporan Employment ADP bulan September kemarin memberikan sedikit kelegaan dari perkiraan bahwa ekonomi AS sedang tergelincir ke dalam suatu resesi baru. Sektor swasta menambah sebanyak 200.000 pekerjaan pada bulan lalu, suatu kenaikan yang solid dan cukup kuat untuk menunjukkan bahwa tren makro tetap secara meyakinkan positip.

Kenyataannya, laporan mingguan klaim pengangguran selama ini telah memberikan signal-signal yang bagus. Dengan hasil angka ADP kemarin, kemungkinan update data mengenai klaim pengangguran pada malam hari ini akan terus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan di dalam pasar tenaga kerja AS yang memberikan tanda bahwa resiko siklus bisnis masih tetap rendah.

Menurut Forex Crunch, pada minggu ini jumlah klaim baru diperkirakan akan naik menjadi 273.000. Sedangkan berdasarkan konsensus perkiraan Econoday.com, para ekonom berpikir bahwa laporan malam hari ini akan menunjukkan klaim pengangguran naik menjadi 272.000 dari 267.000 pada rilis data sebelumnya. Tetapi angka ini masih dibawah 300.000 yang berarti masih merupakan signal yang kuat untuk menggambarkan pertumbuhan tetap baik.

Kecuali angka malam hari ini memberikan kejutan yang substansial, klaim pengangguran diperkirakan akan memberikan angka yang bagus berikutnya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here