Harga Karet Tocom Rebound Didukung Lonjakan Harga Minyak Mentah

605

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis pagi terpantau berhasil membukukan kenaikan yang mantap  (29/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu April 2016 dibuka naik tipis akan tetapi berhasil melanjutkan perjalannya ke teritori hijau dengan kencang.

Kenaikan harga karet hari ini tidak lepas dari akibat melonjaknya harga minyak mentah. Harga minyak mentah mengakhiri perdagangannya dini hari tadi dengan membukukan kenaikan dan mencapai posisi penutupan paling tinggi sejak tanggal 16 Oktober lalu.

Imbas dari peningkatan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah menjadi lebih mahal. Akibatnya permintaan terhadap karet sintetis turun dan mengangkat permintaan terhadap karet alami.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak April 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 159,7 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan yang tipis saja yaitu sebesar 0,1 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sudah makin menguat dengan mantap. Harga karet Tocom sudah berada pada posisi 161,6 yen per kilogram, naik 2 yen dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori positif. Potensi kenaikan permintaan dari Tiongkok setelah bank sentralnya rencananya stimulus juga turut menjadi salah satu penyebab melejitnya harga karet Tocom.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 157,00 yen. Support selanjutnya ada di 150,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 170,00  yen dan 175,00  yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here