Awal Indeks Shanghai Bergerak Positif Didukung Ekspansi Sektor Jasa

437

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (06/01), Indeks Shanghai dibuka positif, saat ini terpantau naik 29,53 atau 0,90% pada 3317.24. Penguatan bursa Tiongkok didukung data sektor jasa yang masih ekspansi di atas level 50.

Lihat :  Bursa Tiongkok Berakhir Lanjutkan Pelemahan

Aktivitas di sektor jasa Tiongkok mengalami ekspansi yang moderat, meskipun paling lambat dalam 17 bulan, pada bulan Desember, menurut hasil non-manufaktur Purchasing Managers ‘Index Caixin (PMI), ukuran aktivitas pabrik. Hasil aktual berada pada 50,2 di bulan Desember dari 51,2 pada bulan November. Pekan lalu, layanan resmi PMI membaca untuk Desember naik 54,4, dari bulan November 53,6. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dalam kegiatan secara bulanan.

Terkait anjoknya bursa Tiongkok Senin kemarin, maka dalam upaya untuk menenangkan pasar, bank sentral Tiongkok menyuntikkan 130 miliar yuan ($ 19,9 miliar) dana jangka pendek ke dalam sistem keuangan negara.

Namun demikian, kekuatiran perlambatan Tiongkok masih tetap ada. Pasar terus fokus mencermati pergerakan pasar saham Tiongkok. Terdapat laporan bahwa keputusan tak terduga oleh Bank Rakyat China (PBOC) untuk tidak memperpanjang batas kredit ke Bank Pembangunan Cina telah memicu kekhawatiran otoritas untuk menarik kembali pelonggaran moneter, menambah kegelisahan di pasar Tiongkok.

Pada perdagangan pagi ini, saham-saham yang menguatkan bursa Shanghai adalah saham Wuhan Iron And Steel yang naik 7,21%, saham Baoshan Iron Steel yang naik 5,34%, saham Inner Mongolia Baotou Steel Union yang naik 5,09%, saham Aluminum Of China naik 4,98%, saham Jiangxi Copper naik 4,65%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai masih bergerak menguat terbatas merespon sentimen positif stimulus yang akan terus dilakukan Pemerintah Beijing untuk memulihkan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3196-3092 dan jika harga terus naik akan mencoba menembus level Resistance pada 3393-3493.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here