Peningkatan Persediaan Bensin dan Solar Menekan Harga Minyak Mentah, Brent Sempat Di Bawah $30

705

Harga minyak mentah Brent anjlok pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (14/01), sementara sebaliknya harga minyak mentah berjangka WTI naik tipis. Tekanan bearish harga minyak mentah terjadi setelah data persediaan bensin dan solar AS menunjukkan peningkatan yang besar membawa harga minyak mentah ke dekat posisi terendah 12-tahun.

Harga minyak mentah Brent, patokan global, turun 63 sen menjadi $ 30,22 per barel, bahkan sempat menyentuh sesi rendah di bawah $ 30 per barel untuk pertama kalinya sejak April 2004. Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 30,48 per barel , naik 4 sen, atau 0,13 persen.

Data menunjukkan persediaan minyak mentah naik 234.000 barel pekan lalu, jauh lebih sedikit dari harapan, dibayangi oleh laporan produksi 8,4 juta barel dalam bensin dan lebih dari 6 juta di minyak sulingan, yang termasuk diesel dan minyak pemanas.

Ini adalah minggu kedua terbesar dalam produksi bahan bakar halus dengan bensin melonjak terbesar sejak 1993 di minggu sebelumnya.

Analis Morgan Stanley juga memperingatkan bahwa kenaikan permintaan minyak mentah bisa lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. “Setiap perlambatan dalam laju pertumbuhan permintaan bisa menunda waktu rebalancing dan akhirnya pemulihan harga,” kata mereka dalam sebuah catatan penelitian.

Potensi rencana pertemuan darurat OPEC juga melemah pada Rabu ketika Menteri Perminyakan Iran belum menerima permintaan tersebut.

Menteri Perminyakan Nigeria mengatakan pada hari Selasa bahwa “beberapa” anggota OPEC telah meminta pertemuan darurat.

Harga minyak mentah sebelumnya rally setelah data menunjukkan impor minyak mentah Tiongkok naik ke rekor 7.820.000 barel pada bulan Desember, naik lebih dari 21 persen dari bulan November.

Konsumen minyak terbesar kedua di dunia telah mengambil keuntungan dari kekalahan harga minyak untuk persediaan cadangan dan peningkatan ekspor produk olahan dan berupaya untuk mengambil alih posisi AS sebagai importir terbesar di dunia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi mengalami tekanan dengan sentimen kelebihan pasokan minyak mentah dunia dan kekuatiran Tiongkok. Harga minyak akan bergerak dalam kisaran Support $30,00-$29,50 per barel, dan kisaran Resistance $31,00-$31,50 per barel.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here