Harga Minyak Mentah Sesi Asia Terus Naik

1000

Harga minyak mentah berjangka AS memperpanjang kenaikan pada hari Jumat untuk mengambil kenaikan mingguan lebih dari 4 persen di tengah harapan dari kesepakatan global antara negara-negara penghasil minyak untuk membantu mengatasi kelebihan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka WTI naik 32 sen ke $ 33,54 per barel, setelah sebelumnya dinihari tadi ditutup naik 92 sen, atau 2,9 persen, pada $ 33,22 per barel, turun dari tinggi $ 34,82. Sedangkan harga minyak mentah patokan global Brent berakhir 79 sen, atau 2,4 persen, pada $ 33,89 per barel, setelah diperdagangkan setinggi $ 35,84.

“Meskipun skenario yang tidak mungkin pemotongan pasokan di pasar minyak, harga telah menemukan beberapa dukungan di atas $ 30 per barel. Namun dasar ini adalah rapuh, dengan fundamental diperkirakan akan melemah dalam beberapa minggu mendatang,” kata ANZ Jumat. “Kami pikir kemungkinan kesepakatan antara produsen sangat rendah. Dengan tidak adanya pasokan dipotong, ada risiko penurunan lebih lanjut untuk harga dalam jangka pendek.”

Harga minyak mentah berjangka Brent rally sebanyak 8 persen setelah Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa produsen terbesar OPEC Arab Saudi, telah mengusulkan pemotongan produksi minyak hingga 5 persen pada apa yang akan menjadi kesepakatan global pertama dalam lebih dari satu dekade untuk membantu membersihkan kekenyangan minyak mentah dan menopang tenggelamnya harga.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan, jika pembicaraan lanjutan antara Rusia dan OPEC terus dilaksanakan dan terealisir kesepakatan pengurangan pasokan minyak mentah, maka akan kembali mengangkat harga minyak mentah. Namun sebaliknya jika tidak ada tindak lajut, maka sentimen kekenyangan global akan kembali menekan harga minyak mentah. Harga akan menembus level Resistance $ 34,00-$ 34,50, dan jika harga retreat akan menembus level Support $ 33,00-$ 32,50.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here