Penguatan Yen dan Kebijakan Suku Bunga Negatif Menekan Akhir Bursa Jepang

1128
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Rabu (09/02), indeks Nikkei berakhir turun, ditutup merosot –372,05 poin, atau -2,31 persen, pada 15,713.39. Indeks Nikkei terus tertekan penguatan Yen dan penurunan saham perbankan yang tergerus kebijakan suku bunga negatif, hingga akhir perdagangan hari ini.

Lihat :Indeks Nikkei Dibuka Tertekan Penguatan Yen dan Pelemahan Saham Perbankan

Yen Jepang, yang dipandang sebagai investasi safe haven selama masa volatilitas pasar, terus menguat, dengan dolar melemah pada 114,63 ¥ Rabu. Pasangan dolar-yen mencapai tingkat terendah sejak November 2014. Dalam sesi rendah, pasangan diperdagangkan pada 114,23.

Kathy Lien, direktur Strategy FX untuk BK Asset Management, mengatakan dalam sebuah catatan pada hari Rabu bahwa banyak investor yang bertanya-tanya apakah Bank of Japan (BOJ) akan melakukan intervensi untuk menghentikan pendakian yen. Pasangan dolar-yen telah jatuh 700 pips dalam tujuh hari terakhir perdagangan dan Lien mengatakan bahwa itu bukan karena pasar optimis terhadap perekonomian Jepang.

Penguatan yen menekan profitabilitas perusahaan, yang pada gilirannya merugikan ekonomi Jepang. Hal tersebut menekan saham perusahaan eksportir utama Jepang. Saham Toyota, Nissan, Honda dan Sony berakhir turun antara 0,44 persen hingga 1,99 persen.

Demikian juga saham Sharp turun 6,06 persen pada perdagangan pagi. Pembuat elektronik yang bermasalah tersebut menghadapi persaingan dalam pengambilalihan dari Hon Hai Precision Industry yang berbasis di Taiwan, yang lebih dikenal sebagai Foxconn, dan Innovation Network Corp. of Japan (INCJ) yang didukung negara Jepang.

Menurut laporan Bloomberg News, dana yang didukung negara dalam paket yang diusulkan dalam uang tunai, dengan penjualan aset dan dukungan dari pemberi pinjaman bisa bernilai 1 triliun yen ($ 8,5 miliar) untuk Sharp, dibandingkan dengan tawaran Foxconn dari 660 miliar yen, tapi INCJ mengatakan hal itu tidak meningkatkan tawarannya.

Di akhir perdagangan bursa Jepang, saham perbankan juga terus turun. Saham Mitsubishi UFJ turun 7,08 persen, saham SMFG turun 4,04 persen dan saham Mizuho Financial turun 5,40 persen, karena kekhawatiran atas profitabilitas mereka setelah Bank of Japan mengejutkan pasar menjelang akhir Januari dengan memperkenalkan kebijakan suku bunga negatif.

Saham perdagangan utama Jepang juga berakhir melemah tajam. Saham Mitsubishi Corp merosot 4,38 persen, saham Itochu Corp turun 4,55 persen dan saham Sumitomo Corp turun 4,38 persen.

Sedangkan kebalikannya, saham Yahama Motor menguat 5,37 persen setelah jatuh lebih dari 23 persen. Deutsche Bank mengatakan dalam sebuah catatan Selasa bahwa saham terlihat oversold dalam reaksi terhadap laba operasi yang tidak sesuai harapan dan bimbingan terlalu konservatif.

Di tempat lain, setelah penutupan pasar, perusahaan telekomunikasi dan internet Jepang, Softbank melaporkan 87 persen penurunan secara tahunan laba bersih untuk kuartal ketiga fiskal, perkiraan yang di luar harapan. Perusahaan itu mengatakan laba untuk kuartal jatuh menjadi 2,28 miliar yen (US $ 20 juta) dari ¥ 18730000000 tahun sebelumnya. Saham Softbank telah berakhir turun 3,50 persen sebelum rilis hasil.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau turun -390 poin atau -2,43% pada 15,670, turun dari perdagangan sebelumnya pada 16,060.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei diperkirakan masih berpotensi melemah terbatas merespon potensi penguatan Yen dan pelemahan saham perbankan dengan dijalankannya kebijakan suku bunga negatif. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 15,292-14,728, dan kisaran Resistance 16,313-16,877. 

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here